SOLOPOS.COM - Ilustrasi Al-Qur'an. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut malam Nuzulul Quran, umat Islam bisa memperbanyak doa memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Malam Nuzulul Quran diperingati setiap malam ke-17 di bulan Ramadan. Nuzulul Quran merupakan waktu di mana Al-Qur’an diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, yakni Surat Al-‘Alaq ayat 1-5.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Wahyu tersebut diturunkan melalui malaikat Jibril yang saat itu berada di Jabal Nur, Gua Hira. Kala itu, Rasulullah berusia 40 tahun enam bulan delapan hari tahun Qamariyah.

“Iqra’ bismi rabbikal ladzi khalaq, khalaqal insana min alaq. Iqra wa rabbukal akram. Alldzi allama bil qalam. Allamal bil qalam. Allamal insana ma lam ya’lam,” kata Jibril pada kali ketiga membaca Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU) Trenggalek, untuk memperingati malam Nuzulul Quran, umat muslim bisa melakukan beragam amalan, mulai dari memperbanyak tadarus, itikaf, salat malam, dan berdoa.

Adapun doa yang dibaca saat malam Nuzulul Quran terdapat dua, berikut ini selengkapnya.

Allahummagfir Lii Wa Liwaalidayya Arhamhumaa Kamaa Robbayaani Shoghiiroo.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku semenjak kecil.

Doa kedua malam Nuzulul Quran adalah sebagai berikut.

Allahumma Innaka ‘aufuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni.

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya