SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan sahur bersama keluarga. (freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Ketika makan sahur di bulan puasa Ramadan, umat Islam disarankan untuk membaca doa agar diberikan rahmat dari Allah SWT.

Rasulullah SAW mengatakan menyantap hidangan sahur merupakan berkah sehingga umat muslim dianjurkan melakukannya. Bahkan, anjuran makan sahur itu begitu kuat dan sedapat mungkin tidak dilewatkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,’” (HR Ahmad).

Nah, saat bersantap sahur di bulan puasa Ramadan, Anda jangan lupa untuk membaca doa yang ditujukan kepada Allah SWT. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini bunyi doanya.

Yarhamullaahul mutasahhiriin.

Artinya: Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.

Doa makan sahur di bulan puasa Ramadan ini dibaca diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib. Pada hadis tersebut, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa kurma adalah sebaik-baik hidangan sahur.

“Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.” (HR At-Thabarani).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya