SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa saat ibadah haji dan umrah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Ketika melaksanakan salah satu rukun haji, yakni wukuf di padang Arafah, terdapat doa yang dibaca oleh para jemaah haji.

Wukuf di Arafah dilaksanakan pada 9 Zulhijah dan merupakan inti dari ibadah haji. Saat wukuf, jemaah haji hanya berdiam diri di area wukuf disertai dengan memperbanyak ibadah.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“(Jamaah haji) dianjurkan wukuf dalam keadaan suci, memperbanyak zikir, tahlil, doa, talbiyah, tadarus Al-Qur’an, memperbanyak tadharru (ketundukan hati), merendahkan diri, berdoa terus menerus, lalu menghadap Ka’bah dan membentangkan kedua tangan,” bunyi penjelasan Syekh M Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain.

Ketika melaksanakan wukuf di padang Arafah, terdapat doa yang bisa dipanjatkan oleh para jemaah haji. Berikut ini rangkaian bacaan lengkapnya, yang Solopos.com kutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Doa Ketika Wukuf di Arafah

1. Tahmid

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah, tuhan sekalian alam.

2. Talbiyah 3 Kali

Labbaykallaahumma labbayk. labbayka laa syariika laka labbayk. Innal hamda wan ni‘mata laka wal mulka laa syariika lak.

Artinya: Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu.

3. Takibir dan Tahmid 3 Kali

Allaahu akbar wa lillaahil hamd.

Artinya: Allah maha besar. Segala puji bagi Allah.

4. Doa agar Dimudahkan Meninggalkan Maksiat

Allaahummanqulnii min dzullil ma‘shiyati ilaa ‘izzit thaa‘ah, wakfinii bi halaalika ‘an haraamik, wa aghninii bi fadhlika ‘an man siwaak. Wa nawwir qalbii wa qabrii. Wa a‘idznii minas syarri kullih. Wajma‘ liyal khayr. Innii as’alukal hudaa wat tuqaa, wal ‘afaafa, wal ghinaa.

Artinya: Ya Allah, pindahkan aku dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari barang haram-Mu. Genapilah diriku dengan kemurahan-Mu dari zat selain diri-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Aku memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan, dan kekayaan.

5. Doa Sapu Jagad

Allaahumma rabbanaa aatinaa fid duniya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar.

Artinya: Ya Allah, Tuhan kami, berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.

6. Doa dan Pengakuan Dosa

Allaahumma innii zhalamtu nafsii zhulman katsiiran kabiiran, wa innahuu laa yaghfirud dzunuuba illaa anta, faghfir li maghfiratan min ‘indik, warhamnii innaka antal ghafuurur rahiim.

Artinya: Ya Allah, sungguh aku menganiaya diriku dengan penganiayaan yang banyak dan besar. Tiada yang mengampuni dosa selain Kau. Oleh karena itu, ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu. Kasihanilah aku, sungguh Kau maha pengampun lagi penyayang.

7. Doa Istikamah dalam Tobat

Allaahummaghfir lii maghfiratan tashluhu bihaa sya’nii fid daarayn, warhamnii rahmatan waasi‘atan as‘adu bihaa fid daarayn, wa tub ‘alayya taubatan nashuuhaa laa ankutsuhaa abadaa, wa alzimnii sabiilal istiqaamah laa azighu ‘anhaa abadaa.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dengan ampunan yang membuat maslahat urusanku di dunia dan akhirat. Berikanlah aku rahmat-Mu yang luas di mana aku dapat bahagia di dunia dan akhirat. Bimbinglah aku dalam tobat nashuha yang mana aku takkan melanggarnya lagi selamanya. Ikatlah aku di jalan istiqamah yang mana aku takkan menyimpang darinya selamanya.

Demikian rangkaian doa yang dibaca ketika wukuf di padang Arafah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya