SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kira-kira apa doa yang dibaca ketika Anda mendengar ramalan buruk menurut ajaran Islam?

Terkadang manusia mendengar prediksi masa depan yang tak diinginkan, yang bisa berupa bencana alam, kesehatan, masalah rezeki, atau pun yang lainnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini membuat beberapa orang khawatir mendengar prediksi yang tak baik tersebut. Tetapi, sebagai umat muslim dianjurkan untuk membuang jauh-jauh rasa waswas tersebut dengan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Baca Juga:  Pentingnya Skrinning untuk Mendeteksi Gangguan Pendengaran pada Bayi

Selain itu, umat muslim juga bisa membaca doa ketika mendengar ramalan buruk berikut ini, sebagaimana dijelaskan Nahdlatul Ulama (NU Online) dalam situs resminya.

Allaahumma laa ya’ti bil hasanaati illaa anta, wa laa yadzhabu bis sayyi’aati illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Baca Juga:  Asal Usul Sejarah Palur, Bermula dari Gazebo di Pertigaan Jalan

Artinya: Tuhanku, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engkau. Tiada pula yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah.

Doa ketika mendengar ramalan buruk di atas berasal dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar, yang artinya sebagai berikut.

Baca Juga: Bandar Pelabuhan Kuno di Solo yang Dulunya Disinggahi Kapal Besar

“Kami diriwayatkan di kitab Ibnu Sinni dan selainnya dari ‘Uqbah bin Amir Al-Juhani, ia berkata bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang ramalan, Rasulullah menjawab, ‘Yang paling (mendekati) benar adalah yang memberikan harapan. Itu tak dapat menolak seorang muslim. Bila kami melihat tanda-tanda yang tak kamu sukai dari sebuah ramalan, hendaklah kamu berdoa, ‘Tuhanku, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engka. Tiada pula yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekutan Allah’,”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya