SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Sebelum meninggalkan Tanah Suci Makkah dan Madinah dan pulang ke Tanah Air, jemaah haji disarankan membaca doa yang ditujukan kepada Allah SWT.

Setelah menjalani puncak ibadah haji untuk wukuf di Padang Arafah, beberapa jemaah haji dijadwalkan akan pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1444H H/2023 yang diterbitkan Kementerian Agama, tertulis paling cepat jemaah haji pulang ke Tanah Air pada Selasa, 4 Juli 2023 dan terakhir pada 3 Agustus 2023.

Namun, sebelum pulang ke Tanah Air, jemaah haji dianjurkan untuk membaca doa perpisahan yang diterangkan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar, sebagiaman disebut di laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Allaahumma albaytu baytuka, wal ‘abdu abduka, wabnu ‘abdika wabnu amatika, hamaltanii alaa maa sakhkharta lii min khalqika hattaa sayyartanii fii bilaadika wa ballaghtanii bi ni‘matika hattaa a‘antanii ‘alaa qadhaa’i manaasikika, fa in kunta radhiita ‘annii fazdad ‘annii ridha, wa illaa fa munnal aana qabla an yan’aa ‘an baytika daarii, haadzaa awaanu inshiraafii, in aadzanta lii ghayra mustabdilin bika wa laa bi baytika, wa laa raaghibin ‘anka wa laa ‘an baytika.

Allaahumma fa ashhibniil ‘aafiyata fii badanii wal ‘ishmata fii diinii, wa ahsin munqalabii, warzuqnii thaa‘ataka maa abqaytanii, wajma‘ lii khayrayil aakhirati wad duniyaa, innaka ‘alaa kulli syay‘in qadiir.

Artinya: “Ya Allah, Ka’bah ini adalah rumah-Mu, hamba ini adalah hamba-Mu; putra hamba-Mu (Adam) dan putra hamba-Mu (Hawa), Kau membawaku di atas kendaraan yang Kautundukkan hingga Kaujalankan aku di berbagai negeri-Mu, Kausampaikan aku dengan nikmat-Mu sehingga Kau membantuku dalam melaksanakan manasik-Mu. Jika Kau meridhaiku, tambahkan ridha-Mu bagiku. Jika tidak, maka karuniakanlah saat ini sebelum aku meninggalkan rumah-Mu menuju rumahku. Ini waktu keberangkatanku–bila Kaumengizinkanku–bukan untuk menggantikan-Mu dan rumah-Mu, bukan karena membenci-Mu atau rumah-Mu.”

“Ya Allah, temanilah aku dengan kesehatan jasmani dan perlindungan dalam agamaku, baguskan tempat pulangku, karuniakanlah aku ketaatan pada-Mu selama Kauberikan hidup padaku, kumpulkanlah padaku kebaikan dunia dan kebaikan akhirat, sungguh Aku maha kuasa atas segala sesuatu.

Doa jemaah haji sebelum pulang ke Tanah air tersebut diawali dengan pujian kepada Allah SWT dan selawat nabi, sebagaimana rangkaian doa pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya