SOLOPOS.COM - Ilustrasi lambang negara Garuda Pancasila di atas bendera merah putih. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang tahun ini jatuh pada Kamis, 1 Juni 2023, biasanya diisi dengan upacara bendera dan salah satu agendanya adalah pembacaan doa.

Pada 1 Juni setiap tahunnya diperingati Hari Lahir Pancasila. Pemerintah sendiri telah menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional atau tanggal merah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Hari Lahir Pancasila mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila 1 Juni 1945 lewat pidato Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Selain Soekarno, perumusan Pancasila juga disodorkan oleh Mohammad Yamin dan Soepomo dalam sidang pertama BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2023, BPIP sendiri telah merilis tema dan logonya di laman resminya. Adapun temanya adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dengan tagline “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Ekspedisi Mudik 2024

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengarahkan instansi pemerintah untuk menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada Kamis, 1 Juni 2023, dan salah satu agendanya pembacaan doa.

Nah, berikut ini terdapat contoh teks doa Hari Lahir Pancasila 2023 yang Solopos.com kutip dari laman resmi Kementerian Agama Jawa Timur (Kemenag Jatim).

Doa Hari Lahir Pancasila 2023

Bismillaahirrahmaanirrohiim…Alhamdulillaahirabbil’alamiin…

Wassholaatu wassalaamu’ala asyrofil ambiyaa’i walmursaliin wa’ala aalihi washohbihi ajma’iin…

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Dalam suasana yang khidmat ini, kami memanjatkan do’a keharibaan-Mu. Kami memohon kepada-Mu, curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan, yang telah mendahului kami. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanan mereka. Terimalah dharma bakti dan amal shaleh mereka, jadikanlah mereka sebagai syuhada dan pahlawan bangsa yang Engkau ridhai. Dekatkanlah mereka di sisi-Mu ya Allah dan dekatkanlah pula hati kami dengan semangat juang mereka.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,

Jadikanlah Hari lahir Pancasila ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan. Limpahkanlah karunia-Mu baik yang datang dari langit maupun dari bumi. Mantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil, dan sejahtera, jadikanlah negara kami sebagai Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mencintai

Jadikanlah kami sebagai insan manusia yang saling bertoleransi menghargai antar sesama manusia, saling menjaga kedamaian untuk meningkatkan harmonisasi kehidupan bermasyarakat, menghargai kebhinekaan dan menyadari perbedaan yang ada pada kami sebagai suatu kekuatan untuk saling melengkapi.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Hindarkan bangsa dan negara kami dari fitnah dan marah bahaya, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan, mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami, dan jadikanlah bangsa kami bangsa yang mandiri, maju, bertaqwa, beraklaq mulia, makmur adil dan sejahtera.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Pengabul segala Do’a

Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami dan guru kami, para pemimpin kami dan dosa para pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan kami. Kabulkanlah permohonan dan doa kami, Engkau Maha Pengampun dan Pengabul segala Do’a.

Aamiin YRA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya