SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pasangan menikah umumnya mengharapkan buah hati atau anak. Nah, ada doa yang bisa dipanjatkan saat ibu tengah mengandung.

Ada harapan dari doa tersebut agar anak yang lahir itu kelak menjadi anak saleh maupun salehah. Setiap orang tua pasti berharap anak yang dilahirkan akan menjadi penerus yang berbakti kepada orang tua, berguna bagi agama dan bangsa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Figur ibu dan bapak juga berperan penting dalam perkembangan anak sebagaimana dijelaskan Buya Yahya dalam video Youtube Al-Bahjah Tv berjudul Amalan Bagi Ibu Hamil. Video tersebut diunggah tahun 2017.

“Pendidikan anak sebelum lahir adalah pilihlah bapak yang benar, pilihlah ibu yang benar,” kata Buya Yahya.

Baca Juga: Doa Agar Diberikan Keteguhan dan Dikuatkan Iman

Dikutip dari laman Nahdlatul Ulama (NU), Minggu (16/1/2022), agar mencapar tujuan mulia tersebut, kedua orang tua dapat melantunkan beberapa wirid dan doa saat ibu hamil sebagai berikut:

Untuk ibu hamil dianjurkan memperbanyak membaca Wallaahu ahrajakum mim buthuuni ummahaatikum taaratan ukhra

Artinya: Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu-ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan)

Baca Juga: Simak! Ini Doa Agar Dijauhkan dari Gangguan Setan

Bagi sang ayah dapat memanjatkan surat Al-Qu’ran dan doa untuk ibu yang hamil
1. Surat al-Fatihah sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat shubuh dan ditiupkan pada perut ibu hamil.
2. Membaca surat al-Insyirah (Alam Nasyrah) sebanyak 7 kali setiap ba’da shalat maghrib dan ditiupkan pada perut ibu hamil.
3. Memperbanyak membaca doa di bawah:

Allâhummah fadh waladii maa daama fii bathni zaujatii wa syfihi antasy syaafi laa syifaa’an illaa syifaauka syifaa’an laa yughaadiru saqaman. Allaahumma shawwirhu fii bathni zaujatii shuuratan hasanatan wa tsabbit qalbahu iimaanan bika wa bi rasuulika. Allaahumma akhrijhu mim bathni zaujatii waqta wiladatihaa sahlan wa tasliiman. Allaahumma ij‘alhu shahiihan kaamilan wa ‘aaqilan haadziqan ‘aaliman ‘aamilan. Allaahumma thawwil ‘umrahu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqahu wa afshah lisaanahu wa ahsin shautahu li qiraaatil hadiitsi wal qur’aanil ‘adhiim bi barakati Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin.

Artinya:

Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, berilmu, dan beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca Hadis dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad ? Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh keberadaan.”

Demikian doa yang dapat dibaca saat perempuan atau ibu hamil agar kelak bayi yang dikandung menjadi anak yang saleh atau salehah dan bermanfaat bagi keluarga dan orang di sekitarnya.

Baca Juga: Doa Tobat atau Pengakuan Dosa, Dicontohkan Nabi Yunus dan Nabi Muhammad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya