Doa dan Zikir Bersama Aliansi Suporter Boyolali untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Kegiatan doa dan zikir di simpang lima Boyolali sebagai wujud duka cita atas tragedi Kanjuruhan yang memakan seratusan korban jiwa.

 Aliansi Suporter Boyolali melaksanakan doa dan zikir bersama di Simpang Lima Boyolali, Minggu (2/10/2022) malam. Doa dan zikir dipimpin oleh seorang anggota kepolisian. (Solopos/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Aliansi Suporter Boyolali melaksanakan doa dan zikir bersama di Simpang Lima Boyolali, Minggu (2/10/2022) malam. Doa dan zikir dipimpin oleh seorang anggota kepolisian. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Puluhan orang yang menamakan diri Aliansi Suporter Boyolali menggelar doa dan zikir bersama di Simpang Lima di Simpang Lima Boyolali, Minggu (2/10/2022) malam.

Kegiatan tersebut diadakan sebagai wujud duka cita atas tragedi Kanjuruhan yang memakan seratusan korban jiwa.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Aksi diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh seorang anggota kepolisian dan juga juga zikir untuk korban tragedi Kanjuruhan. Para peserta aksi duduk di sekitar anggota polisi yang memimpin doa sambil menyalakan lilin.

Kemudian, aksi dilakukan dengan mengelilingi simpang lima sambil berselawat dan menyanyikan yel-yel beberapa klub sepak bola. Lalu, peserta beraksi dan kembali menyalakan lilin untuk diletakkan di bundaran patung Simpang Lima Boyolali. Dilanjutkan dengan orasi masing-masing perwakilan suporter.

Salah satu peserta aksi asal Kecamatan Sawit, Dio Rohman, 19, mengatakan kegiatan tersebut tak hanya diikuti oleh Aremania Boyolali sebagai pendukung Arema Malang.

“Ini ada banyak elemen suporter, seperti teman-teman [pendukung] Persija Jakarta, [pendukung PSS] Sleman, Aremania, [pendukung Persis] Solo, [pendukung PSIS] Semarang, [pendukung Persebi] Boyolali, dan hampir seluruh suporter sepak bola ada,” terangnya saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi.

Lebih lanjut, Dio mengatakan aksi tersebut tak hanya sebagai ajang bela sungkawa, tetapi menjadi evaluasi bagi suporter untuk lebih baik kedepannya ketika menghadapi hasil pertandingan.

“Harapannya, khusus suporter di Boyolali sendiri agar dapat mengevaluasi masalah kemarin di Malang. Agar tidak terjadi di tahun-tahun berikutnya dan lebih dewasa dalam menghadapi situasi apapun di dalam atau di luar stadion,” kata dia.

Peserta lain asal Kecamatan Mojosongo, Ricas Enggar Pratama, 25, mengungkapkan Aliansi Suporter Boyolali ikut berkabung dengan tragedi di Kanjuruhan. Ia mengatakan kegiatan tersebut digelar tak hanya untuk mendoakan korban, tapi juga keluarga korban yang ditinggalkan.

“Untuk jumlah lilinnya itu satu orang satu, itu sebagai simbol duka dan doa agar para korban diberikan terbaik di sisi-Nya,” jelasnya.

Ia juga berharap para suporter Boyolali dan setiap daerah dapat belajar dari tragedi Kanjuruhan agar dapat menahan diri, bersikap lebih dewasa, dan berpikir tentang risiko jika melakukan sesuatu.

“Sepak bola tidak lebih besar dari kemanusiaan. Berapapun skornya, jika ada satu saja nyawa yang melayang, itu tidak ada harganya. Kemanusiaan di atas segala-galanya,” ucap dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Persiapan Seleksi, Pesantren Mahasiswa UMS Siapkan 180 Kuota Santri Baru

      Pesantren mahasiswa (Pesma) K.H Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menyambut 180 kuota mahasantri baru 2023/2024.

      Nikahan Kaesang-Erina, 32 Pesawat Carter Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

      Bandara Adi Soemarmo Solo mendapatkan konfirmasi lebih dari 30 pesawat carter atau jet pribadi akan mendarat di bandara tersebut mengangkut tamu acara nikahan Kaesang-Erina.

      Hilang Hampir Sebulan, Warga Jatisrono Wonogiri Ditemukan Meninggal di Hutan

      Seorang pria lanjut usia ditemukan meninggal dunia dalam keadaan membusuk di Kawasan Hutan Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Perhutani Plalar, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/12/2022) malam.

      Boyolali Segera Punya Perda Kawasan Tanpa Rokok, Sanksi Tegas Bagi Pelanggar

      Boyolali segera miliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

      Satpol PP Klaten Copoti Banner Dukungan Pencapresan Ganjar Pranowo

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti sejumlah banner dukungan pencapresan Ganjar Pranowo di Jl. Jogja-Solo, Jumat (9/12/2022).

      Batal Angkut Tamu Nikahan Kaesang di Solo, Tukang Becak Merasa Dianaktirikan

      Tukang becak di Kota Solo mengaku merasa dianaktirikan setelah dipastikan batal dipakai untuk mengangkut tamu nikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Kreatif! Siswa SDN 5 Juwangi Boyolali Bikin Gaun "Mewah" dari Barang Bekas

      SDN 5 Juwangi yang tergabung dalam komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Boyolali mengadakan School Expo, Kamis (8/12/2022)

      Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2023, Pengusaha di Sragen Bisa Dipidana

      Disnaker Sragen menyosialisasikan UMK 2023 kepada pihak terkait. Perusahaan diminta taat dengan membayar upah sesuai UMK 2023 mulai tahun depan.

      Selamat! Kiai Haji Hartoyo Jadi Ketua MUI Klaten Periode 2022-2027

      Kiai Haji (KH) Hartoyo terpilih sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten periode 2022-2027.

      Berkah Nikahan Kaesang bagi Wulan, Dapat Order Karangan Bunga Sejumlah Kedubes

      Salah satu toko bunga di Pasar Kembang, Solo, mendapatkan berkah dari acara nikahan Kaesang-Erina karena mendapat banyak pesanan dari kedutaan besar sejumlah negara.

      Hindari Mangkunegaran Solo saat Nikahan Kaesang-Erina, Ini Jalur Pengalihannya

      Polda Jateng menyiapkan jalur-jalur pengalihan arus lalu lintas bagi warga untuk menghindari kepadatan di area sekitar Pura Mangkunegaran Solo saat acara nikahan Kaesang-Erina, Minggu (11/12/2022).

      Pilkades Sukoharjo Selesai Tanpa Kericuhan, Pelantikan Dijadwalkan 21 Desember

      Pilkades serentak di Sukoharjo diklaim kondusif tanpa laporan kericuhan.

      Kakung Sableng Klaten Ternyata Kepanjangan dari Kafe Ingkung Sambel Blenger

      Resto Kakung Sebleng berada di pinggir jalan raya, tepatnya di Jalan Kartini/By Pass No. 3, Warung Kidul, Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah.

      Periksa Dugaan Kecurangan Pemilihan Rektor, Ditjen Dikti Terjun ke UNS Solo

      Ditjen Dikti Kemendikbudristek turun langsung ke UNS Solo untuk melakukan audit dan pemeriksaan terkait adanya dugaan kecurangan dalam pemilihan Rektor periode 2023-2028.

      Batuan Purba Sepanjang 100 Meter di Bayat Klaten Ini Bernama Watu Sepur

      Wisata Watu Sepur di Klaten menyuguhkan pemandangan deretan bebatuan purba yang mirip dengan ombak sepanjang 100 meter.