SOLOPOS.COM - ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Iman seseorang pada umumnya mengalami naik turun lantaran berbagai keadaan atau faktor. Hal tersebut membuat banyak orang mencari tahu doa agar diberikan keteguhan iman.

Kadar keimanan yang dimiliki tiap orang berbeda-beda. Faktor keluarga, pendidikan, dan lingkungan juga dapat mempengaruhi keimanan seseorang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Faktor pendukung, yakni pertolongan dari Allah SWT juga sangat dibutuhkan agar keimanan seseorang tetap teguh dan terpelihara. Setelah berusaha dengan tindakan nyata, maka selanjutnya menghubungkan antara usaha dengan doa.

Baca Juga: Simak! Ini Doa Agar Dijauhkan dari Gangguan Setan

Berikut doa-doa dari Al-Qur’an dan As-Sunah agar diberikan keteguhan iman sebagaimana dihimpun dari Laman Muhammadiyah, Jumat (14/1/2022):

Doa Diberikan Keteguhan Iman

Rabbana laa tujigh quluuubanaa ba’da idz hadaitanaa wahablanaa min ladun karahmah innaka antal wahhab

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesugguhnya Engkau adalah Maha Pemberi. (QS. Ali-Imran (3): 8)

Baca Juga: Doa Tobat atau Pengakuan Dosa, Dicontohkan Nabi Yunus dan Nabi Muhammad

Doa lain agar diberikan keteguhan iman:

Rabbanagh fir lanaa dzunuu banaa wa israfanaa fii amrinaa watsabbit iqdaa manaa wansurnaaa ‘alal qaumil kaafiriin

Artinya: Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir. (QS.Ali Imran (3): 147)

Doa lain agar diberikan keteguhan iman dari As-Sunah:

Allahumma yaa musarafal quluubi sarafna quluubana ‘alaa ta ‘atik

Artinya: Ya Allah, Dzat yang mencondongkan hati, condongkanlah hati-hati kami untuk taat kepada-Mu. [HR. Muslim, no. 2654]

Demikian doa-doa agar diberikan keteguhan iman sebagaimana yang tertuang di Al-Qur’an dan Hadis. Semoga doa yang telah dipanjatkan dikabulkan Allah SWT dan selalu dalam limpahan karunia-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya