SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam menghadapi masalah, umat Islam diminta memohon kepada Allah SWT dengan cara berdoa agar diberikan kemudahan.

Dalam menjalani kehidupannya, manusia akan menghadapi ujian dan rintangan yang harus dijalani. Ujian tersebut bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, dan waktunya pun bisa datang kapan saja.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Meskipun begitu, Allah SWT tak akan memberikan ujian bagi hamba-Nya di luar kemampuannya. Justru Allah SWT menguji keimanan dan kesabaran umat manusia ketika menghadapi masalah.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (Al-Baqarah, 02:155).

Nah, ketika menghadapi masalah kehidupan, umat muslim bisa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan jalan keluar. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini doa-doanya.

Doa agar Terlepas dari Kesusahan

Laa ilaaha illaa anta sub-haanaka innii kuntu minaz-zaalimiin.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.

Doa Dimudahkan Segela Urusan

Selain itu, untuk menghadapi masalah agar diberikan kemudian, umat muslim juga berdoa dengan lafal berikut ini.

Rabbisyrahli shaadri wayassyirli amri wahlul uqdatam mil-lisaanî yafqahuu qaulîi.

Artinya: Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. (QS Thâhâ[ 20]: 25-28).

Tak hanya itu, umat Islam juga bisa membaca doa ini ketika dirundung masalah kehidupan agar diberikan kemudahan.

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. allahummas-tur ‘au-raatii wa aamin rau-’aatii. allahummah-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa ‘an yami inii wa ‘an syimaalii wa min fauqii. wa a-’uudzu bi ‘adzmatika an-ughtaala min tahtii.

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”(HR. Ahmad 4785, Abu Daud 5074, Ibn Majah 3871).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya