Ilustrasi kamar mandi. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Sering kali kita masuk dan keluar kamar mandi begitu saja tanpa berdoa. Padahal dalam Islam, ada adab serta doa untuk masuk dan keluar kamar mandi.

Diungkapkan Ustaz Khalid Basalamah pada video di saluran Youtube Jeda Kajian Sunnah, 14 September 2016 lalu, umat Islam harus membaca doa sebelum masuk kamar mandi. "Kita harus membaca doa sebelum masuk kamar mandi," ungkapnya.

Doa masuk kamar mandi: Allaahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khabaaitsi.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.

Ustaz Khalid Basalamah menegaskan umat Islam harus masuk kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu. Di dalam kamar mandi, kita tak diperbolehkan membuang-buang air.

"Kalau menggunakan air tidak boleh mubazir. Allah mengatakan dalam Alquran, orang-orang yang mubazir adalah saudaranya setan," lanjut Ustaz Khalid.

Yang keempat, mandi harus dimulai dengan menyiram tubuh bagian kanan terlebih dulu, seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. "Seperti hadits riwayat Bukari bahwa Aisyah R.A berkata Nabi SAW sangat gemar mendahului sisi kanan beliau baik menggunakan sandal, pakaian, sisir rambut, atau pun mandi," lanjut sang ustaz.

Di kamar mandi, juga tak diperbolehkan mengobrol dan berlama-lama. Pasalnya, kamar mandi bukan tempat berzikir kepada Allah dann menjauhkan manusia dari zikir kepada Allah sehingga tak diperbolehkan berlama-lama di kamar mandi.

Setelah urusan di kamar mandi selesai, kita dianjurkan membaca doa keluar kamar mandi seperti berikut:

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba 'anni al-adza wa 'aafaani. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya: Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji.

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan kita harus membaca doa itu ketika keluar dari kamar mandi demi minta pengampunan dari Allah. "Kita minta pengampunan dari Allah karena di dalam kamar mandi umumnya orang tidak berzikir kepada Allah. Maka Nabi mengajarkan kita membaca itu," tegasnya.

Itulah doa dan adab masuk serta keluar kamar mandi. Semoga kita sebagai umat Islam tak lupa membacanya agar terhindar dari godaan setan ketika di kamar mandi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten