SOLOPOS.COM - DKW Hummel, motor antik milik Bupati Boyolali, M Said Hidayat. (Istimewa/Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, SOLO-Salah satu yang mencuri perhatian warga saat para pejabat Boyolali blusukan pada Selasa (18/5/2023) adalah motor antik milik Bupati Boyolali, M Said Hidayat.

Kendaraan berwarna hijau yang ditunggangi Bupati Said itu bentuknya klasik dengan beberapa aksesori yang ditambahkan.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Sebenarnya motor jenis apa sih yang ditunggangi Bupati Said ini? Berikut ulasannya.

Jika dilihat dari bentuknya, motor antik milik Bupati Said bernomor polisi AD 4541 DD tersebut adalah DKW Hummel TS. Motor antik ini termasuk jenis bebek dengan bentuk bodi yang masih banyak lengkungannya.

Dikutip dari Sepeda-motor info, DKW atau Dampf Kraft Wagen merupakan pabrikan asal Jerman yang didirikan pertama kali pada tahun 1916.

Tahun 1919, perusahaan ini memproduksi motor bermesin 2-stroke yang disebut Das Knaben Wunsch (juga disingkat DKW).

Kemudian, pada tahun 1932, pabrikan ini melakukan merger dengan Audi, Horch, dan Wanderer untuk membentuk Auto Union.

Sebagai salah satu produsen legendaris, motor-motor buatan DKW memang memiliki desain unik yang jauh berbeda dengan motor-motor keluaran baru.

Salah satu motor buatan DKW yang cukup unik adalah model DKW Hummel. DKW Hummel merupakan motor bebek (moped) buatan DKW dan Auto Union yang diproduksi di Ingolstadt serta dijual pertama kali pada tahun 1956.

Secara tampilan, motor ini mengusung desain mirip sepeda pancal yang tampak pada model jok tunggal, bentuk bayangan di bagian depan, serta lampu depan mini berbentuk bulat. Kesan sepeda kayuh juga tampak pada bagian kaki-kaki, model suspensi, model pijakan kaki atau footstep, dan juga velg dengan jari-jari cukup banyak.

Roda depan motor ini dipandu dengan suspensi lengan ayun pendek, sedangkan roda belakang disokong suspensi yang cukup elastis. Pada cross-arm, memiliki aksen krom yang tergolong cukup mewah di era tersebut dan celemek yang menutupi roda depan bagian bawah.

Di sektor jantung pacu, DKW membekali Hummel dengan mesin tipe 2-stroke, silinder tunggal, berpendingin udara dengan sirkulasi terbalik, berkapasitas 49cc.

Dengan modal tersebut, motor unik ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimal 1,35 PS pada putaran 4.400 hingga 4.500 rpm melalui sistem transmisi manual 3-percepatan.

Hingga tahun 1958, DKW berhasil membangun 117.617 unit Hummel. Pada tahun 1960, produksi motor ini dilanjutkan dengan nama yang sama namun mengusung mesin yang lebih besar, yaitu berkapasitas 113cc. Selain itu, Hummel juga tersedia dalam opsi dua seat. Berikut spesifikasi teknis DKW Hummel.

 

Tipe Mesin-2 stroke, silinder tunggal, berpendingin udara

Kapasitas Mesin-49cc

Diameter x Langkah-40 x 39 mm

Daya Maksimum-1,35 PS @ 4.400 rpm – 4.650 rpm

Transmisi Manual-3 speed

Rangka-Rangka Baja Tekan

Suspensi Depan-Roda pendek dengan karet gelang

Suspensi Belakang-Lengan ayun

Jarak Sumbu Roda-1.350 mm



Ukuran Ban Depan dan Belakang-2,20/2,25-23

Kapasitas Bahan Bakar -5,5 liter

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya