DKK-RSUD Sragen Gencarkan Swab Test Kontak Erat dan Nakes
Ilustrasi tes swab Covid-19. (Reuters-Edgar Su)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen dan RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen gencar melakukan swab test massal kepada warga dan tenaga kesehatan (nakes) untuk tracing kasus baru dan sekaligus mengejar target positive rate 5%.

Hingga Rabu (26/8/2020), angka positive rate dalam penanganan kasus Covid-19 di Sragen 6,64%. Angka tersebut bergerak mendekati angka 5% setelah sehari sebelumnya berada di angka 7,01%.

Meskipun terjadi ledakan angka kasus baru sampai 14 orang pada Rabu tetapi justru mendorong angka positive rate turun karena DKK dan RSUD Sragen gencar melakukan swab test massal.

Liburan di Solo? Monggo Sepedaan Sambil Wisata Lewat Rute Ini

Dari data yang disampaikan DKK, jumlah warga yang menjalani pemeriksaan PCR atau swab test di Sragen sebanyak 2.980 orang.

Sementara angka kasus Covid-19 secara kumulatif di Sragen mencapai 198 orang. Perbandingan kasus Covid-19 kumulatif dengan jumlah warga yang menjalani tes PCR ditemukan angka positive rate sebanyak 6,64%.

Wakil Direktur Pelayanan dan Mutu RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, dr. Joko Haryono, saat ditemui solopos.com, Rabu siang, menyampaikan RSUD giat melakukan swab test massal terhadap seluruh karyawan RSUD sebanyak 700-an orang.

Menekan Penambahan Kasus Positif Covid-19

Joko mengatakan swab test massal itu dimulai sejak Senin (24/8/2020) lalu sebagai upaya untuk mengidentifikasi kasus baru dan menekan supaya tidak terjadi penambahan nakes terkonfirmasi positif Covid-19.

“Senin lalu ada 200 orang nakes yang ikut swab test massal. Kemudian hari ini [kemarin] ada 305 orang nakes yang mengikuti swab test massal. Pemeriksaan tersebut dilakukan di halaman depan RSUD dengan menggunakan dua bilik swab test. Sampai hari ini sudah ada 505 orang nakes yang sudah tes. Selebihnya sebanyak 200-an orang akan dilanjutkan swab test pada Senin (31/8/2020) besok,” ujarnya.

Perumda Air Minum Sukoharjo Bantah Kekeringan Di Kragilan Kartasura Karena Proyek Sumur Dalam

Terpisah, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) DKK Sragen dr. Sri Subekti menyampaikan DKK melakukan pemeriksaan swab test terhadap 54 orang pada Rabu pagi hingga siang di Technopark Sragen.

Bekti, sapaan akrabnya, mengatakan swab test dilakukan kepada warga kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Puluhan warga yang swab test hari ini terdiri atas tiga orang dari Sumberlawang, tiga orang dari Karangmalang, dua orang dari Plupuh, tiga orang dari Kalijambe, satu orang dari Ngrampal, satu orang dari Gesi, empat orang dari Masaran, delapan orang dari Technopark, 13 orang dari Sragen Kota, satu orang dari Sukodono, satu orang dari Jenar, tiga orang dari Gemolong, delapan orang dari RS swasta, dan dua orang dari Tanon,” katanya.

Asyik! Sebentar Lagi Flyover Purwosari Solo Tersambung



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom