SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Novak Djokovic. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON –Petenis Serbia, Novak Djokovic, mengalahkan juara Olimpiade 2012 sekaligus peraih Grand Slam US Open, Andy Murray, untuk memenangi penghargaan juara dunia putra International Tennis Federation (ITF). Sementara, petenis Amerika Serikat (AS), Serena Williams, mengklaim penghargaan serupa di kategori putri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Djokovic, yang mengakhiri tahun keduanya secara beruntun di posisi teratas ranking ATP, musim ini sukses mempertahankan gelar Australia Open, melaju ke final Grand Slam, Prancis Terbuka dan US Opern serta mengklaim lima gelar termasuk World Tour Final di akhir musim. Sederet prestasi itulah yang membuatnya terpilih kembali memenangi penghargaan ITF.

Djokovic bersaing ketat dengan Murray dalam memenangi penghargaan ini. Murray dianggap pesaing terberat Djokovic, setelah penampilan gemilangnya memenangi US Open yang sekaligus juga menjadi gelar Grand Slam pertama sepanjang kariernya.

Selain itu, Murray juga dianggap memiliki prestasi mengkilap musim ini dengan merebut emas Olimpiade 2012 di Wimbledon, beberapa pekan setelah dirinya mengalami pengalaman pahit tumbang di final Grand Slam Wimbledon dari Roger Federer.

“Saya bangga terpilih memenangi ITF world champion untuk kedua kalinya secara beruntun,” ujar Djokovic, yang tampil mendominasi di musim 2011 dengan memenangi tiga dari empat seri Grand Slam.

“Sangat sulit mengulangi jejak seperti musim 2011, namun sangat memuaskan memenangi Grand Slam (Australia Open), melaju kedua partai final besar dan mengakhiri tahun ini di posisi pertama,” imbuhnya dilansir Reuters, Selasa (11/12/2012).

Sementara itu, terpilihnya Williams memenangi penghargaan ITF tak terlepas dari sepak terjangnya yang tak terbendung di paruh musim 2012. Petenis 31 tahun itu memenangi Wimbledon, menjuarai nomor single dan double pada Olimpiade 2012 serta memenangi US Open.

“Ini memiliki arti besar masuk dalam juara dunia ITF untuk yang ketiga kalinya. Musim ini merupakan pengalaman yang luar biasa dengan memenangi Olimpiade dan dua kali Grand Slam dan saya akan berusaha memiliki pengalaman yang lebih hebat di musim 2013,” tutur pemegang 15 gelar Grand Slam itu.

Sementara di ganda putra, penghargaan juara dunia ITF diraih si kembar AS, Bob dan Mike Bryan. Ini merupakan kali kesembilan dalam 10 tahun terakhir Bob dan Mike memenangi penghargaan itu.
Sedang, di sektor putri, ganda terbaik diraih pasangan Italia, Sara Errani dan Roberta Vinci. Keduanya terpilih tak lepas dari penampilannya musim 2012 yang memenangi dua gelar Grand Slam, Prancis Terbuka dan US Open.

Sementara, pada kategori atlet paralimpian, petenis putri Belanda, Esther Vergeer, tampil sebagai pemenang. Sedang paralimpian asal Prancis, Stephane Houdet, tampil sebagai pemenang di sektor putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya