Djarum Sanggupi Olah Sampah Organik Kudus

PT Djarum Kudus mendukung Pemkab Kudus mengelola sampah organik setempat lebih berdaya guna. Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus menjalin kerja sama dengan pabrik rokok itu dalam pengolahan sampah organik dari pasar tradisional untuk diubah menjadi pupuk kompos.

Djarum Sanggupi Olah Sampah Organik Kudus

SOLOPOS.COM - Tempat pembuangan sampah di Pasar Bitingan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — PT Djarum Kudus mendukung Pemkab Kudus mengelola sampah organik setempat lebih berdaya guna. Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus menjalin kerja sama dengan pabrik rokok itu dalam pengolahan sampah organik dari pasar tradisional untuk diubah menjadi pupuk kompos.

"Kami memang sudah ada kerja sama dengan Djarum Kudus terkait pengolahan sampah organik. Untuk tahap uji coba, kami pasok sampah dari Pasar Bitingan Kudus," ujar Sekretaris Dinas Perdagangan Kudus Andi Imam Santoso, Selasa (16/7/2019).

Untuk pekan ini, kata dia, Dinas Perdagangan tengah mempersiapkan sampah yang hendak dikirim ke Djarum Kudus, khususnya ke Oasis yang memiliki tempat pengolahan sampah menjadi pupuk organik. Sampah yang diterima Djarum harus benar-benar sampah organik, sehingga petugas yang mengurusi sampah di Pasar Bitingan dilatih untuk melakukan pemilahan.

Selama sepekan ini, kata dia, masih tahap pelatihan terhadap petugas sampah di Pasar Bitingan untuk membedakan sampah organik dengan sampah nonorganik. Pasalnya, lanjut dia, di Djarum Oasis tidak menyediakan petugas pemilah sampah sehingga sampah yang diterima harus benar-benar sampah organik.

Meskipun harus ada pemilahan terlebih dahulu, menurut dia kerja sama tersebut menguntungkan karena dari sisi biaya operasional lebih menghemat mengingat jarak pembuangan sampahnya menjadi lebih dekat, ketimbang harus membuangnya ke tempat pembuangan akhir sampah di Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Sebetulnya, kata dia, pihak Djarum siap menampung sampah organik sebanyak-banyaknya, namun pihaknya masih terkendala soal penyediaan kontainer sampahnya. "Setidaknya, empat kontainer sampah siap ditampung. Akan tetapi, kontainer sampah yang tersedia selama ini untuk memenuhi kebutuhan pembuangan sampah di semua pasar tradisional," ujarnya.

Ia mencatat jumlah kontainer sampah yang tersedia sebanyak 28 unit, sedangkan jumlah pasar tradisional di Kabupaten Kudus mencapai 23 pasar. Untuk kelancaran pasokan sampah organik ke Djarum, maka dibutuhkan tambahan kontainer penampung sampah agar pengirimannya bisa rutin dilakukan.

"Jika kerja sama tersebut bisa terlaksana dengan baik, tentunya bisa dicoba untuk pasar tradisional yang memungkinkan memiliki jumlah sampah organik cukup banyak," ujarnya.

Ia berharap dukungan para pedagang untuk ikut memilah sampah organik dengan nonorganik sehingga bisa ikut mengurangi pembuangan sampah ke TPA. Daya tampung TPA Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, kini mulai berkurang dan hanya mampu menampung sampah masyarakat dalam hitungan bulan karena membutuhkan tambahan lahan baru.

Luas lahan TPA Tanjungrejo sendiri 5,25 ha dan sejak 10 tahun lalu hingga sekarang belum pernah ada perluasan lahan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.