SOLOPOS.COM - Penjor lampion Hut Jogja (JIBI/HarianJogja/Gigih M. Hanafi)

DIY warisan dunia tengah diajukan.

Harianjogja.com, JOGJA – DIY diusulkan masuk ke dalam daftar World Heritage Cities (Kota Warisan Dunia) versi Unesco. Usulan itu didasarkan pada kekayaan budaya benda dan tak benda yang dimiliki DIY.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Usulan rencana itu dipaparkan Direktur Eksekutif Pusat Budaya dan Pariwisata Internasional (ICCT) Wiendu Nuryanti  di hadapan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan Kamis (25/2/2016). Wiendu mengatkan secara keseluruhan DIY merupakan wilayah kebudayaan yang berpotensi untuk masuk dalam daftar Kota Warisan Dunia.

Wiendu mencontohkan berbagai aset kebudayaan benda dan tak benda di DIY yang selama ini hidup dan menyatu dalam masyarakat. Mulai dari bentang alam, tradisi yang masih terjaga hingga berbagai kesenian tradisional yang berkembang menjadi kekuatan yang dimiliki.

“Kebetulan upaya mendaftarkan DIY sejalan dengan keistimewaan, saya kira bila bisa masuk  daftar akan jadi tolok ukur keistimewaan DIY,” ungkap dia.

World Heritage Cities adalah bagian dari program Warisan Dunia yang dibuat oleh Unesco. Selain kota warisan dunia, Unesco juga mendata berbagai warisan dunia lain dalam bentuk kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya