SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—DIY terus membuka tawaran investasi dengan nominal mencapai lebih dari Rp5 triliun.

Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY, Toto Waspodo mengatakan, investasi tersebut meliputi berbagai bidang usaha seperti industri pariwisata, pertambangan, perdagangan perikanan  infrastruktur, komunikasi dan beberapa sektor lain.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Di Kabupaten Bantul bidang pariwisata yang akan dikembangkan adalah kawasan wisata Pantai Samas, Parangtritis, Depk, Kwaru, dan Pandansimo. Pembangunan kawasan wisata itu berupa lokasi hiburan dan akomodasi di Samas,” ujarnya, Kamis (20/10).

Investasi untuk pangkalan aerosport di pantai Depok berupa hanggar, aeromodeller, toko dan shelter diperkirakan mencapai US$478.000. Sementara, pengembangan kawasan olahraga di sekitar Stadion Maguwoharjo, Sleman mencapai Rp20 miliar untuk untuk perhotelan, foodcourt, indoorsport, playground, sirkuit balap dan lainnya.

“Di Gunungkidul, ditawarkan kawasan wisata resor eksklusif di pantai Kukup, baron, Sundak dan lain-lain. Begitu pula di pantai Sepanjang, seluas 300 hektare untuk kawasan pariwisata,” imbuhnya.

Toto menambahkan untuk bidang telekomunikasi, pelaksanaan electronic government (e-Gov) Jogja  sebagai provinsi cyber dengan menawarkan beberapa lokasi di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Tugu, Beringharjo dan Ngabean, serta pasar ikan higienis, pasar argo dan perpustakaan kota.

“Di bidang transportasi, ditawarkan kereta komuter jurusan Jogja-Solo-Kutoarjo ditambah lagi dengan pembangunan delapan stasiun dengan total investasi sebesar US$21,875 juta,” tambahnya.

Terkait potensi investasi ini, Ketua Jogja Investment Forum (JIF) KGPH Hadiwinoto mengatakan, pihaknya yang beranggotakan para pengusaha akan membantu untuk menarik investor sebanyak-banyaknya.

“Beberapa langkah yang telah kami tempuh yakni audiensi dengan Bupati Bantul untuk turut meramaikan Pasar Gabusan, audiensi dengan Bupati Sleman untuk membidik potensi di daerah tersebut seperti di stadion Maguwoharjo dan stadion Kridosono,” ujarnya.(Harian Jogja/Intaningrum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya