DIY Minta Pemerintah Pusat Tambah Vaksin Covid-19

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meminta tambahan vaksin Covid-19 kepada pemerintah pusat demi vaksinasi di DIY.

 Ilustrasi stok vaksin Covid-19. (Dok. Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stok vaksin Covid-19. (Dok. Bisnis)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meminta tambahan vaksin Covid-19 kepada pemerintah pusat demi kesehatan DIY. Permintaan itu disampaikan dalam Rapat Terbatas Penanganan Covid-19 di DI Yogyakarta, Kamis (29/07/2021).

“Mungkin yang perlu saya sampaikan, kiranya stok vaksin yang ada di DIY dapat segera ditambah. Agar akselerasi vaksinasi dapat dilakukan,” jelas Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagaimana dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari publikasi Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyebutkan bahwa pencapaian vaksinasi DIY tergolong cukup baik. Pencapaian pemanfaatan vaksin Covid-19 DIY per Juli 2021 dilaporkan telah menyentuh angka 38%.

Baca Juga: Jangan Iri, Inggris Bersiap Tanpa Masker & Jarak Sosial

Meskipun demikian, Kementerian Kesehatan masih terus mendorong pemerintah daerah, khususnya di Pulau Jawa, untuk dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ditargetkan, pada akhir Agustus nanti, vaksinasi di Pulau Jawa dapat menyentuh angka 70%.

Rapat Terbatas Penanganan Covid-19 di DIY bukan hanya membahas soal perkembangan pelaksanaan vaksinasi di wilayah tersebut. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga berpesan agar Pemprov DIY dapat menambah kapasitas selter bagi pasien Covid-19.

Langkah Strategis DIY

Pasalnya, menurut Luhut yang juga koordinator pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Pulau Jawa dan Bali, jumlah kasus aktif di wilayah tersebut tercatat di angka 34.000 kasus.

Sekretaris Daerah Provinsi DIY Kadarmanta Baskara Aji menyebutkan bahwa sejumlah langkah telah dilakukan untuk menambah kapasitas selter tersebut. Seperti penggunaan gedung ataupun fasilitas milik sejumlah instansi.

Baca Juga: WHO Prediksi Virus Corona Varian Delta bakal Dominan

“Ada PPSDM Pusdiklat Kemendagri di Baciro. Kemudian Gedung Wanitatama. Kebutuhan kita setidaknya 3.000 daya tampung, sesuai arahan pusat, sekarang kan baru 2.000-an,” jelas Aji.

Pada perkembangan lainnya, di Jawa Tengah, tambahan 700.000 dosis vaksin Covid-19 rencananya bakal didatangkan pada minggu ini. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa pihaknya bakal mendapatkan tambahan alokasi vaksin Astra Zeneca sebanyak 27.000 vial serta 50.000 vial Sinovac.

Tambahan alokasi vaksin tersebut dilakukan seiring dengan tingginya minat masyarakat Jawa Tengah untuk melakukan vaksinasi. “Kalau saya ngelihat antusiasme masyarakat untuk divaksin itu bagus di Jawa Tengah, jadi ini saya temukan di hampir semua tempat yang saya kunjungi selama kami berkunjung di komplet 35 kabupaten/kota,” jelasnya, Rabu (28/07/2021) lalu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Jelang Uji Coba PTM, Vaksinasi Pelajar SMP Terus Dikebut

Vaksinasi pelajar adalah salah satu upaya Pemkab Bantul untuk mendukung uji coba tatap muka sekolah agar orang tua siswa nyaman dan tenang.

Setelah Breksi, Giliran Candi Prambanan Gelar Uji Coba Buka

Candi Prambanan diizinkan melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Tujuh dari delapan sistem peringatan dini di pantai selatan Kulonprogo rusak. Padahal ancaman gempa megathrust yang berpotensi tsunami membayangi.

Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Terus Dikebut, 436 Bidang di Seyegan Bakal Diratakan

PT Jasamarga Jogja Bawen masih bermusyawarah degan warga Seyegan, Sleman terkait pembebasan lahan untuk Tol Jogja-Bawen

Polda DIY Terapkan Ganjil-Genap di 3 Objek Wisata, Di Mana Saja?

Polda DIY menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang akan mengunjungi tiga lokasi wisata di Sleman.

Sidang Kasus Satai Beracun, Nani Apriliani Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

Sidang perdana kasus satai beracun yang menewaskan seorang bocah digelar di PN Bantul. Terdakwa Nani Apriliani Nurjaman dijerat pasal berlapis.

Di Bantul, Ada Kelurahan yang Diklaim Sudah Mencapai Kekebalan Kelompok

Salah satu kelurahan di Bantul disebut telah mencapai kekebalan kelompok karena 80% warganya sudah divaksin.

Tabrak Gerobak Satai Hingga Berhamburan, Remaja Ini Harus Ganti Rugi Jutaan Rupiah

Seorang remaja 17 tahun di Jogja menabrak pedagang satai keliling hingga satainya berhamburan. Lokasi kejadian minim penerangan.

Tempati Tanah Kas Desa, 3 Warga Pertanyakan Nasib UGK Tol Joglo

Tiga warga Kadirojo 2, Kalurahan Purwomartani, Kalasan mempertanyakan nasib uang ganti kerugian bangunan tol Jogja-Solo (Joglo).

Masyarakat Bantul Diminta Jangan Pilih-pilih Merk Vaksin Ya

Berdasarkan data-data yang ada, seluruh vaksin memiliki daya proteksi terhadap Covid-19. Sehingga warga tak perlu pilih-pilih

Besok, Tersangka Kasus Satai Beracun Nani Apriliani akan Jalani Sidang Perdana

Besok PN Bantul akan menggelar sidang perdana kasus satai beracun yang menewaskan seorang bocah dengan terdakwa Nani Apriliani Nurjaman.

BPUM Untuk 1.126 Pelaku UKM Jogja Cair, Segini Nilainya

Bantuan produkti usaha mikro (BPUM) disalurkan secara bertahap kepada pelaku UKM di Jogja. Untuk saat ini BPUM yang cair untuk 1.126 dari 3.027 pelaku UKM di Jogja.

Marah Sultan Ground Rusak, Gubernur DIY Tutup 14 Lokasi Penambangan Ilegal

Sri Sultan HB X geram dengan kerusakan alam yang terjadi di Sultan Ground di lereng Merapi. Ia dengan tegas menutup 14 lokasi penambangan pasir ilegal di Sultan Ground.

Dukung Percepatan Vaksinasi, Kodim 0731 Kulonprogo Datangi Pasar

Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 jemput bola dilakukan Kodim 0731 Kulonprogo ke sejumlah pasar tradisional.