DIY giat bangun infrastruktur di 2009

JOGJA:Tahun 2009 ini DIY gencar melakukan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur daerah. Tercatat, lebih dari 20 program dan kegiatan pembangunan infrastruktur dari Departemen Perhubungan serta Departemen Pekerjaan Umum menjadi agenda Pemda.

Ni Made Dwipanti Indrayanti, Kasub bid Perhubungan, Tata Ruang Permukiman dan ESDM Bappeda DIY, mengatakan, rencana pembangunan dan pengembangan itu merupakan upaya pemda mendukung pertumbuhan infrastruktur di DIY.

“Dengan pembangunan itu nanti berpengaruh ke sektor lainnya, misalnya perekonomian. Adanya jalan sebagai moda transportasi yang bagus tentu mendukung aktivitas ekonomi, itu contoh saja,” ungkap Ni Made.
Di Dephub sendiri ada dua rencana besar yang tengah ditangani, dan sebagian sudah berjalan, seperti pengembangan Bandara Internasional Adisutjipto dan pengembangan sarana dan prasarana pelayanan jasa angkutan yang difokuskan pada pengembangan Trans Jogja.

Dari data yang ada, untuk program pengembangan Trans Jogja, dana yang dialokasikan Rp39 miliar lebih. Belanja langsung dari Dephub DIY 2009 mencapai Rp68 miliar. Sementara itu belanja langsung DPU DIY Rp193 miliar. “Semua dana rencana pembangunan dan pengembangan 2009 berasal dari APBD, tapi ada juga yang dari pusat, dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan rincian Rp17,3 miliar untuk jalan, dan Rp16 miliar untuk sarana dan prasarana irigasi,” jelas Ni Made.

Beberapa program dan kegiatan pengembangan serta pembangunan yang direncanakan DPU, antara lain pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp69 miliar, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan dan jembatan sebesar Rp47 miliar, pengembangan jaringan irigasi sebesar Rp25 miliar, penyediaan dan pengelolaan air bersih Rp3,2 miliar, pengembangan pengelolaan dan konservasi sumber daya air sebesar Rp8,9 miliar.

Oleh Galih Kurniawan
HARIAN JOGJA

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom