SOLOPOS.COM - Ekspor Mebel Mengalami Penurunan

Harianjogja.com, JOGJA—Menurunnya ekspor Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di kawasan Asia, tak membuat wilayah ini kehilangan peluang. DIY kini membidik Eropa, Afrika dan Amerika. Sebab peluang di sana terbuka lebar.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) DIY, Riyadi Ida Bagus mengatakan produk yang peluangnya besar adalah produk industri. Nilai ekspor dari Jogja pada awal 2014 ini tumbuh rata-rata 3% per bulan. Artinya, rata-rata volume mencapai 2,91 juta kilogram per bulan dan rata-rata nilai US$16,12 juta.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

“Peluang pasar ekspor DIY masih menjanjikan, terutama di Amerika, Jerman, India. Tapi yang turun secara nasional Jepang dan China,” ujar Riyadi di kantornya, Rabu (13/8/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, jelas Riyadi, industri di DIY tumbuh dan berkembang. Hal itu menjadi peluang lebar agar ekspor produk-produk DIY terus mengalami peningkatan. Terutama perluasan pasar.

“Paling tinggi masih ke Amerika, kemudian Jerman. Kalau ekspor ke China angkanya kecil tidak sampai US$1 juta. Sehingga kalau [nilai ekspor ke] Tiongkok turun tidak berpengaruh. Berbeda jika Jerman turun,” ujar Riyadi.

Menurut dia, nilai ekspor ke Jerman sekitar 50% nilai ekspor ke Amerika.

“Kalau ke Amerika US$36 juta, ke Jerman sekitar 18 juta USD. Sementara ekpor ke Asean juga relatif kecil. Tetapi, teman-teman sudah biasa melakukan kerjasama dengan negara-negara Asean. Produk mereka juga masuk ke Indonesia seperti makanan dan minuman,” kata Riyadi.

Dia menambahkan, DIY masih bisa mendongkrak ekspor, khususnya produk kerajinan dan furniture. Untuk itu, katanya, pengusaha perlu membangun pasar tardisional di Afrika, China, Amerika Latin dan beberapa negara di Timur Tengah.

“Kami terus melakukan upaya untuk meningkatkan ini. Potensi pasar harus terus digenjot. Potensi pasar masih banyak di luar Asean. Baik produk tekstil, furnitur dan sarung tangan,” jelas Riyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya