SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekerasan seksual terhadap remaja (aycu33 webshots)

Ilustrasi (aycu33 webshots)

JOGJA—Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) termasuk dalam 10 besar kekerasan terhadap perempuan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan catatan tahunan Komnas Perempuan tentang kekerasan terhadap perempuan pada tahun 2011 ditemukan 119.107 kasus kekerasan yang ditangani lembaga pengada layanan di Indonesia.

Sebanyak 4.154 kasus diantaranya terjadi di DIY. Kasus kekerasan yang paling banyak adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebanyak 3.996 kasus dan di ranah komunitas sebanyak 158 kasus.

“Berdasarkan data KDRT, DIY masuk 10 besar,” ujar Komisioner Komnas Perempuan Tumbu Saraswati disela seminar Meneguhkan Komitmen Pemenuhan Hak Hak Konstitusional bagi Perempuan Korban Kekerasan atas Kebenaran, Keadilan dan Pemulihan di Unit IX Pemda DIY, Kamis (4/10/2012).

Kendati angkanya cukup besar, namun komnas perempuan mengapresiasi langkah baik yang telah dilakukan Pemda DIY maupun Kabupaten/Kota. Yang telah mengeluarkan 19 kebijakan kondusif terkait pelayanan terhadap perempuan korban kekerasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya