Diwarnai Kejar-Kejaran, 4 Maling Pembobol ATM di Dekat PG Gondang Klaten Dibekuk Polisi
Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN – Empat orang residivis maling membobol mesin ATM BRI di kompleks Pabrik Gula (PG) Gondang Baru, Kraguman, Jogonalan, Klaten, Sabtu (6/3/2021) pukul 08.15 WIB. Penangkapan para tersangka diwarnai aksi kejar-kejaran dari Gondang, Kecamatan Jogonalan hingga Kecamatan Ngawen.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, keempat tersangka yang ditangkap, yakni Aprizal alias Rizal, 42, warga Tanggamus, Lampung; Aldy Yossy Saputra alias Aldy, 42, warga Tromposari, Jabon, Sidoharjo; Frangki alias Helmi, 41, warga Kota Bandarlampung; dan Edi Marliantoni alias Edi, 47, warga Tanggamus, Lampung. Dalam beraksi, mereka hanya butuh dua menit.

Baca juga: Debit Air Kali Pusur Klaten Meningkat, Gazebo Wisata Hanyut

Residivis Pencurian

Rizal cs merupakan komplotan maling pembobol mesin ATM lintas provinsi. Sebelum ditangkap jajaran Polres Klaten, Rizal cs telah menjalani hukuman kasus yang sama setelah membobol mesin ATM di 18 lokasi kejadian di wilayah Polda Kaltim.

Di samping itu, Rizal cs juga telah beraksi sebanyak satu kali di wilayah Jateng. Rizal cs dikenal sebagai resdivis kasus yang sama di waktu sebelumnya.

Setelah keluar dari penjara beberapa tahun lalu, Rizal cs ternyata tak kapok. Mereka tetap melancarkan aksinya dengan membobol mesin ATM di beberapa daerah di Tanah Air.

Baca juga: Kaesang Klarifikasi: Putus dengan Felicia Januari dan Sempat Dimaki-maki

Rizal cs juga pernah beraksi membobol mesin ATM di Kota Solo memperoleh Rp2 juta (Februari 2021), Pati senilai Rp2 juta (Februari 2021), Kendal senilai Rp1 juta (Februari 2021), Pemalang senilai Rp2,5 juta (5 Maret 2021), dan di Klaten senilai Rp2,5 juta (6 Maret 2021).

Sebelum beraksi di ATM BRI di PG Gondang, Jogonalan, Rizal cs sengaja memantau kondisi ATM tersebut. Mereka memantau kondisi dengan menggunakan mobil Wuling Confero berpelat nomor F 1885 JT.

Baca juga: Rel Layang Joglo Solo Naik Dari Viaduk Gilingan, Ratusan Hunian Di Nusukan Bakal Tergusur

Maling Bobol ATM

Hasil pantauan mereka, ATM di PG Gondang sering sepi saat pagi hari. Komplotan maling Rizal cs pun melancarkan aksinya membobol mesin ATM BRI di PG Gondang, Kraguman, Sabtu (6/3/2021) pukul 08.15 WIB.

Saat beraksi, Rizal cs berbagi peran. Dua orang bertindak sebagai eksekutor. Sedangkan dua pelaku lainnya berada di luar ATM guna mengawasi situasi dan kondisi di lokasi kejadian.

Dalam melancarkan aksinya, para tersangka menggunakan sejumlah alat, seperti kartu ATM, satu buah obeng, satu buah tang penjepit, satu senter, satu gembok, stik fiber yang sudah dimodifikasi. Para pelaku memutus arus listrik di ATM sebelum mengambil uang.

Baca juga: Jangan Lengah! Tren Kematian Akibat Covid-19 di Klaten Belum Menurun

Kronologi

Aksi itu sempat diketahui salah seorang nasabah BRI yang ingin mengambil uang di ATM PG Gondang. Di saat bersamaan, juga terdapat aparat polisi yang melintas di dekat lokasi kejadian. Di saat itu, satu dari tiga tersangka berhasil ditangkap.

Selanjutnya, tiga tersangka sempat melarikan diri menumpang mobil Wuling ke arah kota. Tim Resmob Polres Klaten yang memperoleh informasi itu langsung melakukan pengejaran ke tiga tersangka yang melarikan diri. Setelah melalui aksi kejar-kejaran, tiga tersangka berhasil ditangkap di kawasan Ngawen sekitar pukul 09.15 WIB.



Berita Terkini Lainnya








Kolom