Diwarnai Insiden Kartu Merah Jaimerson, Persis Solo Vs PSM Makassar Sama Kuat

Persis Solo Vs PSM Makassar diwarnai insiden kartu merah dari wasit untuk bek Jaimerson Xavier yang baru masuk ke lapangan.

 Bek Persis Solo, Jaimerson Da Silva Xavier (kedua dari kiri), mendapatkan kartu merah dari dari wasit Choirudin karena dinilai mengasari pemain PSM Makassar, Yuran Fernandes Rocha Lopes pada lagai di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Bek Persis Solo, Jaimerson Da Silva Xavier (kedua dari kiri), mendapatkan kartu merah dari dari wasit Choirudin karena dinilai mengasari pemain PSM Makassar, Yuran Fernandes Rocha Lopes pada lagai di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo harus berpuas berbagi satu poin setelah ditahan imbang sama kuat 1-1 oleh PSM Makassar dalam lanjutan pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan Solo pada Kamis (29/9/2022). Hasil imbang itu melanjutkan tren positif PSM Makassar yang belum terkalahkan hingga saat ini.

PSM Makassar yang bertanding tanpa kapten Wiljan Pluim tetap tampil berbahaya sepanjang pertandingan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Persis Solo yang masih belum diperkuat Fernando Rodriguez dan Zanadin Faris sering menggunakan strategi serangan balik memanfaatkan lebar lapangan yang diisi oleh Irfan Jauhari dan Alfath Fathier.

Pada menit-menit awal, pertandingan berjalan dengan tempo sedang, di mana kedua tim cenderung berhati-hati dalam menyusun serangan.

Namun, tim tamu beberapa kali mendapat peluang lewat skema tendangan bebas dan tendangan percobaan dari luar kotak penalti.

Meski kalah dalam penguasaan bola di menit awal, Persis Solo justru unggul lebih dulu memanfaatkan skema serangan balik cepat pada menit ke-23.

Baca Juga: Duel Persis Solo Vs PSM Makassar Disaksikan 10.108 Penonton

Gelandang nomor 10 Persis Solo, Alexis Messidorro berhasil memotong umpan lawan dan langsung mengirimkan bola lambung kepada Irfan Jauhari yang berdiri bebas di sisi kanan pertahanan PSM Makassar.

Irfan kemudian membawa bola masuk ke dalam kotak penalti dan mengecoh salah seorang beck PSM Makassar sebelum mencetak gol dengan tendangan melengkungnya ke sisi kiri gawang PSM yang dikawal Reza Arya. Skor 1-0 untuk Persis Solo.

insiden kartu merah jaimerson
PSM Makassar, Yuran Fernandes Rocha Lopes (tengah), terjatuh dan memegang pelipisnya saat terjadi insiden dengan pemain Persis Solo, Jaimerson Da Silva Xavier, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

PSM Makassar yang tertinggal satu gol tidak mengubah gaya bermainnya. Mereka tetap mengandalkan umpan-umpan pendek dari lini pertahan hingga lini serang.

Skema itu beberapa kali berhasil menghasilkan peluang. Dalam lima menit, PSM Makassar berhasil melepaskan dua shoot on goal lewat tendangan jarak jauh.

Baca Juga: The Macz Man PSM Makassar kepada Suporter Persis Solo: Terima Kasih Saudaraku!

PSM Makassar akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-44 lewat gol Kenzo Nambu memanfaatkan kemelut di depan gawang. Lini pertahanan Persis Solo seolah hilang fokus dalam menghalau serangan PSM Makassar.

Di babak kedua, Persis Solo masih kesulitan menguasai jalannya pertandingan. Tensi pun memanas saat wasit Choiruddin dianggap memberikan keputusan yang kontroversial.

Sampai pada akhirnya harus ternoda dengan insiden Jamierson Xavier  yang dinilai sengaja memukul wajah Yuran Fernandes saat Persis Solo mendapat peluang tendangan bebas pada menit ke-87.

Yuran berguling-guling di lapangan sambil memegangi wajahnya, bahkan dia sempat menunjuk-nunjuk wajahnya agar wasit melihat bahwa ia terkena pukulan.

Baca Juga: Persis Solo Siap Pertahankan Coach Rasiman hingga Pekan Depan

Jaimerson yang baru comeback dari cedera dan masuk pada menit ke-75 itu pun langsung dikartu merah oleh wasit Choirudin pada menit ke-88 setelah sebelumnya sang pengadil lapangan berkonsultasi dengan hakim garis.

Sebelum insiden kartu merah pada menit ke-88 itu, dari tayangan siaran ulang saat siaran langsung stasiun televisi Indosiar terlihat Yuran Fernandes sengaja memukul bagian kanan wajah Jaimerson ketika keduanya berada di kotak penalti PSM Makassar.

Meski Jaimerson sempat mengerang kesakitan, asisten wasit maupun wasit tidak bereaksi dan menganggap tak terjadi insiden atas hal itu.

Hingga peluit akhir skor Persis Solo Vs PSM Makassar tidak berubah sama kuat 1-1. Saat wasit meninggalkan lapangan, wasit pun mendapat sorakan dari penonton sebagai bentuk protes atas keputusan kartu merah tersebut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Skema 16 Besar Piala Dunia 2022: Belanda vs AS, Inggris vs Senegal

      Skema babak 16 besar Piala Dunia 2022 mempertemukan Belanda vs Amerika Serikat (AS) dan Inggris vs Senegal.

      Hasil dan Klasemen Akhir Grup B Piala Dunia 2022: Inggris dan AS Melaju

      Inggris dan Amerika Serikat (AS) melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup B.

      Hasil Piala Dunia 2022: Hantam Iran 1-0, AS Dampingi Inggris ke 16 Besar

      Amerika Serikat (AS) memastikan satu tiket ke 16 besar Piala Dunia 2022 seusai menyingkirkan Iran 1-0 pada laga pamungkas Grup B di Al Thumama Stadium.

      Hasil Piala Dunia 2022: Cukur Wales 3-0, Inggris ke 16 Besar sebagai Juara Grup

      Inggris mantap melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 seusai mencukur Wales 3-0 pada laga terakhir Grup B di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Wales Vs Inggris, Pertarungan Ke-104

      Pertarungan Wales dan Inggris di Piala Dunia 2022 kali ini akan menjadi penentu tim yang layak lolos ke babak 16 besar dari Grup B.

      Hasil dan Klasemen Grup A Piala Dunia 2022: 16 Besar Milik Belanda dan Senegal

      Belanda dan Senegal memastikan meraih tiket babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari Grup A.

      Pertina Jawa Tengah Selenggarakan Penataran Pelatih Tinju di Kota Solo

      Pengurus Pertina Jawa Tengah merasa perlu mengevaluasi para pelatih dan wasit.

      Live Streaming Iran Vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022, Duel Panas!

      Sebelum bertemu di Qatar ini, Iran pernah mengalahkan Amerika Serikat di Piala Dunia 1998 di Prancis.

      Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Ekuador 2-1, Senegal Lolos ke 16 Besar

      Senegal mengalahkan Ekuador 2-1 di Khalifa International Stadium Ar-Rayyan, Selasa (29/11/2022) kick-off pukul 22.00 WIB.

      Muantap! Indonesia Mendulang 6 Emas di Kejuaraan Atletik Thailand Open 2022

      Khusus perlombaan pada Selasa (29/11/2022), atlet Indonesia langsung menyabet lima emas di Thailand Open 2022.

      Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Qatar 2-0, Belanda Lolos ke 16 Besar

       Belanda menghajar Qatar 2-0 pada laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor untuk memastikan lolos ke 16 besar.

      Prediksi Skor Wales Vs Inggris di Piala Dunia 2022: Begitu Syulit The Dragons!

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup B Piala Dunia FIFA 2022 antara Wales dan Inggris.

      Hasil Babak Pertama Grup A, Senegal Tundukkan Ekuador 1-0

       Babak pertama pertandingan Ekuador vs Senegal di Khalifa International Stadium Ar-Rayyan, Selasa (29/11/2022) kick-off pukul 22.00 WIB berakhir dengan skor 1-0 untuk Senegal.

      Prediksi Skor Iran Vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022: Ketat!

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak Penyisihan Grup B Piala Dunia FIFA 2022 antara Iran dan Amerika Serikat.

      Babak Pertama Usai, Belanda Jinakkan Qatar 1-0

       Belanda mengalahkan Qatar 1-0 pada babak pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.