SOLOPOS.COM - Laga PSS (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harianjogja.com, SLEMAN—PSS Sleman menghadapi situasi genting menghadapi laga semifinal Divisi Utama, Kamis (7/11/2013) setelah salah satu andalannya Juan Revi dipastikan tidak bisa turun bermain. PSS akan menjamu Persitara Jakarta Utara dalam partai semifinal.

PSS melaju ke semifinal setelah menyingkirkan seluruh pesaingnya dan menjuarai grup II Divisi Utama LPIS, sedangkan Persitara menjadi runner up grup I Divisi Utama LPIS. “Target kami jelas menang dan merebut tiket final. Ini adalah saat terpenting dan ini adalah kesempatan titik balik kami sepanjang musim ini,” kata Supardjiono, Manajer PSS Sleman Selasa (5/11/2013).

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Manajemen mengaku target yang dipatok tidak muluk-muluk. Kendati demikian, saat ini justru PSS tengah dalam kondisi yang tidak prima. Sejumlah pemain disebut tidak seluruhnya siap diturunkan karena cedera. Tak hanya itu, kabar buruk bagi PSS kian santer tatkala gelandang bertahan Juan Revi Auriqto dipastikan tak dapat diturunkan. Juan Revi tidak mendapatkan izin dari pelatih Timnas untuk memperkuat PSS Sleman. Pada tanggal yang sama dengan pelaksanaan semifinal, Juan Revi berangkat ke Korea untuk menjalani laga uji coba Timnas Senior.

“Kami (manajemen PSS) telah dua kali melayangkan surat kepada PSSI untuk meminta Revi kembali ke PSS, tapi sampai detik ini mereka tidak memberikan respon. Saat menghubungi pelatih Timnas, katanya Revi sangat dibutuhkan di sana,” katanya.

Saat ini pelatih Lafran Pribadi telah menyiapkan beberapa strategi dengan absennya Juan Revi. Di antaranya memasang pemain bernomor punggung 47 Anggo Julian sebagai proyeksi pengganti Juan Revi. Selain itu, Waluyo, pemain bek kanan juga kemungkinan besar akan dipasang kembali pada posisi gelandang. Alternatif lain ialah Bona Simanjuntak.

Pemasangan Waluyo pada posisi poros juga tak lantas bebas dari masalah. Pemain berusia 28 tahun yang memiliki keunggulan dalam intersep dan bermain tenang ini terlihat kurang enjoy saat memainkan peranan Juan Revi. Dalam kesempatan uji coba melawan Timnas U-23, Waluyo tampak kurang berpadu dengan Fajar Listiyantara dan Anang Hadi Saputra yang juga beroperasi pada sektor tengah.

Selain itu, Bona Simanjuntak yang juga diproyeksikan menggantikan posisi Revi saat ini masih dalam tahap penyembuhan akibat cedera saat uji coba beberapa waktu lalu. Belum ada kabar pasti apakah Bona bisa turun atau justru dipilih diparkir dalam ajang semi final nanti.

“Waluyo sempat cedera saat uji coba dengan Timnas U-23, tapi sekarang sudah siap turun lapangan. Ada kemungkinan Anggo Julian atau Waluyo menggantikan posisi Revi. Soal gelandang bertahan saya pikir tidak terlalu masalah,” kata Pardji.

Persoalan lain datang dari sektor depan. Duet Monieaga Bagus Suwardi dan Agung Suprayogi terhitung masih tumpul. Dalam beberapa laga resmi belakangan ini keduanya mandul tak mencetak gol. Pelatih PSS Sleman Lafran Pribadi mengaku tak punya banyak cara bagi mereka. Dia mengaku hanya bisa memanfaatkan sisa waktu yang sempit ini dengan mematangkan serangan keduanya.

“Ya gimana lagi, yang bisa dilakukan hanya memanfaatkan sisa waktu yang ada saja. Saya harapkan mereka benar-benar maksimal. Soal absennya Juan Revi, tim harus siap ada Revi maupun tanpa Revi,” kata Lafran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya