Diundang Rembuk Atasi Stunting, Anggota DPRD Sragen Tak Ada yang Hadir

Masuk dalam tim percepatan penurunan stunting, tak ada satu pun anggota DPRD Sragen yang hadir dalam rembuk stunting yang digelar Pemkab Sragen. Bupati sempat mempertanyakan ketiadaan anggota DPRD dalam forum itu.

 Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kiri), mengukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sragen 2022 di Aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (28/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kiri), mengukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sragen 2022 di Aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (28/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Tak ada satu pun anggota DPRD Sragen yang hadir dalam Rembuk Stunting Sragen yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Selasa (28/6/2022). Padahal DPRD Sragen masuk dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sragen 2022 yang dikukuhkan Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati yang ditetapkan 7 Juni 2022, Tim Percepatan Penurunan Stunting Sragen itu dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Suroto. Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto menjadi wakil ketua.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sementara DPRD menjadi anggota tim pengarah dalam tim tersebut. Sejumlah universitas juga masuk dalam tim itu, di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta.

Bupati Yuni sempat menanyakan kenapa tidak ada satu pun anggota DPRD yang hadir dalam forum tersebut. Masalah stunting sejatinya menjadi wilayah kerja Komisi IV DPRD Sragen. Namun tak ada satu pun perwakilan dari komisi tersebut yang hadir.

Baca Juga: Kunjungi Warga Solo, Gibran Dapati Bayi Stunting, Bergejala TBC Pula

Dalam kesempatan itu, Bupati menyebut pencegahan dan penanganan stunting tidak hanya soal pemenuhan gizi dan kesehatan. Tetapi, juga persoalan lain yang penanganannya membutuhkan kerja sama lintas sektoral.

Persoalan air bersih dan pola asuh keluarga, sambung Bupati, menjadi penting dalam pencegahan stunting. Dia menekankan peran PKK sebagai ujung tombak penguatan keluarga, terutama mengedukasi calon pengantin yang harus siap menikah dan siap hamil.

“Edukasi menjelang pernikahan menjadi penting supaya saat hamil dan melahirkan bisa sehat. Di luar kesehatan, penanganan stunting bisa melibatkan ketahanan pangan, sanitasi, dan seterusnya,“ ujarnya.

Baca Juga: Canggih! Pencegahan Stunting di Wonogiri Bakal Gunakan Aplikasi

Sementara itu, Ketua DPRD Sragen, Suparno, mengaku tidak menerima undangan rembuk stunting itu. Sementara Ketua Komisi IV DPRD Sragen, Sugiyamto, mengatakan anggotanya tidak hadir dalam forum itu karena sedang kunjungan kerja ke Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Yogyakarta, terkait dengan penanganan fakir miskin.

“Sleman bagus banget dalam penanganan kemiskinannya. Hasil dari kunker ini bisa diimplementasikan untuk Dinsos di Sragen,“ ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

      Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.

      Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo, Pertama sejak 50 Tahun Berdiri

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022), menjadi yang pertama bagi mereka sejak 50 tahun berdiri.

      14 Unit RTLH di Klaten bakal Dibangun Rumah Baru, di Sini Lokasinya

      Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah.

      Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

      Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

      Sebanyak 182 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten menerima remisi atau potongan hukuman pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Momen Abu Bakar Baasyir Ikuti Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo

      Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir, turut serta dalam upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).