SOLOPOS.COM - Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/dok)

Joko Widodo (JIBI/SOLOPOS/dok)

JAKARTA—Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan menghadiri peluncuran mobil Esemka 10 November besok di Solo. Jokowi akan membagikan Kartu Pintar dan Kartu Sehat di sejumlah wilayah Jakarta besok.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Ya kan saya sudah DKI, ya sekarang urusannya PT Esemka,” ujar Jokowi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat seperti dikutip detikcom, Jumat (9/11/2012).

Jokowi mengaku bukan tidak menghargai undangan dari PT Solo Techno Park (STP). Mobil Esemka kini sudah masuk dunia bisnis.

“Gini loh dulu ini kan memang menjadi tanggungjawabnya Pemkot Solo tapi sekarang sudah masuk ke dunia bisnis. Maka sudah jadi tanggungjawabnya PT Esemka,” kata Jokowi.

Rencananya peluncuran mobil kreasi anak SMK di Solo itu akan dilakukan Walikota Solo Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo.

Jokowi rencananya akan memakai Esemka jadi mobil dinas Gubernur DKI. Saat menjadi Walikota Solo, Jokowi sudah menggunakan Esemka untuk mobil dinasnya meski belum lulus uji emisi. Kini, mobil Esemka diketahui telah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor Nomor SK 3896/AJ.402/DRJD/2012, tanggal 18 Oktober 2012 lalu.

Mobil Esemka diperkuat dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1500 cc dengan teknologi multi point injection rakitan 2011. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp pada putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 145 Nm di 4.100 rpm.

Mobil ini mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm, sehinga mobil tersebut tergolong handal untuk keluarga Indonesia. Apalagi mobil tersebut masih bisa mengkonsumsi bahan bakar bensin (RON 88) atau premium dengan kapasitas tangki 75 liter.

Hebatnya Esemka sudah tersemat fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parkir, dan CD player. Sementara itu ATPM selaku penjual dan distribusi Esemka akan dipegang oleh PT Solo Manufaktur Kreasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya