Kategori: Solo

Ditunjuk Kemenag Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka, MTsN 1 Solo Ikut Pemkot


Solopos.com/Akhmad Ludiyanto

Solopos.com, SOLO -- Selain SMPN 4 dan SMP Al Azhar Syifa Budi, MTsN 1 juga akan menjadi penyelenggara simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM jenjang SMP Kota Solo.

Kepala MTsN 1 Solo, Kirno, mengatakan berdasarkan arahan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, sekolahnya akan menyelenggarakan simulasi PTM bersama dua sekolah di bawah Dinas Pendidikan Solo.

“Pengelolaan kami oleh Kemenag. Setelah mendapat amanat dari Kemenag Solo, kami diminta mengikuti kegiatan simulasi PTM bersama sekolah yang dikelola Pemkot Solo. Karena kami berada dalam wilayah Kota Solo. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas [Disdik Solo] untuk pelaksanaannya,” ujar Kirno kepada wartawan di SMPN 4 Solo, Selasa (13/10/2020).

Anak 5 Tahun Ke Atas Boleh Ngemal, Manajemen Pusat Belanja Solo Lakukan Ini

Ia mengatakan teknis dan prosedur operasi standar (POS) simulasi pembelajaran tatap muka MTsN 1 Solo akan sama dengan SMPN 4 dan SMP Al Azhar Syifa Budi.

Misalnya tentang tata cara pengaturan jalur masuk-keluar siswa, waktu pembelajaran, pengawasan siswa selama dalam sekolah, dan sebagainya.

“Oleh karena itu, hari ini [Selasa] kami diundang Pemkot Solo untuk melihat [pembuatan video] sosialisasi simulasi SMPN 4. Rencananya Kamis pekan ini kami akan mengumpulkan guru-guru kami untuk menyamakan persepsi tentang persiapan simulasi untuk mendapatkan gambaran nyata madrasah kami,” imbuhnya.

Anak 5 Tahun Ke Atas Boleh Ke Mal, IDAI Solo: Jangan Beri Ilusi Situasi Covid-19 Sudah Aman!

Sementara itu, guru-guru MTsN 1 Solo juga akan menjalani rapid test oleh Pemkot Solo sebelum pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka. Hal ini untuk memastikan guru dalam kondisi sehat.

Persetujuan Orang Tua

”Kalau nanti ada yang reaktif, yang bersangkutan tidak ikut simulasi PTM dan akan ada tindak lanjut dengan pemeriksaan swab. Sehingga simulasi PTM tetap bisa berjalan,” imbuhnya.

Sementara itu, sama seperti SMPN 4 dan SMP Al Azhar Syifa Budi, siswa peserta simulasi MTsN adalah Kelas IX. Ia menambahkan sudah mengirimkan angket persetujuan PTM kepada semua orang tua siswa.

1 Keluarga Gandekan Solo Positif Covid-19, Belasan Orang Harus Karantina

Bantuan ini berupa alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan, tempat tidur pasien, dan amb

Hasilnya, hampir semua orang tua setuju anaknya mengikuti PTM dan simulasinya. “Sarana dan prasarana kami sudah siap dan hampir semua orang tua menyatakan setuju anaknya ikut PTM,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Solo Etty Retnowati mengonfirmasi MTsN 1 Solo akan ikut bergabung dengan Pemkot Solo dalam kegiatan simulasi PTM. “Iya, jadi ada tiga sekolah [SMPN 4, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1]. Mereka dari MTsN juga kami undang menyaksikan kegiatan simulasi SMPN 4,” ujarnya.

Share