Marcu Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badmintonindonesia.org)

Solopos.com, SOLO -- Pasangan ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di luar dugaan menyerah di tangan pasangan China Han Chengkai/Zhou Haodong di semifinal Victor China Open 2018. Laga yang berlangsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium in Changzhou, Jiangsu, China, ini berlangsung ketat selama 3 game.

Di game pertama, Marcus/Kevin sudah mendapatkan perlawanan ketat dari pasangan rangking 23 dunia itu. Sempat memimpin di awal game pertama, mereka terus ditempel ketat dan tertinggal di paruh pertama. Mereka sempat bangkit dan memimpin hingga skor 19-18. Namun Han/Zhou mampu berbalik unggul dan merebut game pertama dengan skor 21-19.,

Di game kedua, situasi berbalik drastis. Marcus/Kevin mengubah strategi dengan bermain agresif dan sedikit maju ke depan. Hasilnya, pasangan tuan rumah dipaksa melepaskan bola-bola lambung yang jatuh di belakang garis. Strategi ini cukup ampuh dan menghasilkan beberapa angka untuk Marcus/Kevin.

Di game ini, Marcus/Kevin unggul jauh hingga mampu merebut game kedua dengan skor 21-11. Hasil ini memaksa pasangan tuan rumah menjalani rubber game.

Sayangnya, di game ketiga performa Marcus/Kevin justru menurun. Agresivitas mereka di game kedua tak terlihat di game ini. Bahkan, Marcus beberapa kali menyumbang angka gratis untuk lawan karena servisnya dinyatakan foul akibat terlalu tinggi. Servis terakhir Marcus yang dinyatakan foul jelas memperlihatkan shuttle cock diangkat terlalu tinggi di depan dada sebelum mengenai raket.

Tercatat, ada 4 servis Marcus yang dinyatakan foul oleh umpire. Hal ini berakibat pada keraguan Marcus maupun Kevin dalam melepaskan servis dan hanya menghasilkan bola tanggung yang dengan mudah disambar oleh Han/Zhou.

Sempat mengejar angka hingga 16-16, perlawanan Marcus/Kevin akhirnya terhenti di angka 17. Han/Zhou tak terbendung dengan meraih 3 angka berturut-turut dan menutup game ketiga dengan skor 21-17.

Dengan demikian, Marcus/Kevin gagal melaju ke final dan gagal mengulangi prestasi mereka di Japan Open 2018. Sementara itu, Han/Zhou akan menghadapi pemenang antara sesama ganda putra China, yaitu Zhang Nan/Li Yinhui atau Wang Yilyu/Huang Dongping di final. Sebagai catatan, Han Chengkai/Zhou Haodong saat ini berada di rangking 23 BWF.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten