Dituduh Plagiat Video Klip Artis K-Pop, Ini Pembelaan Via Vallen
Via Vallen. (Instagram/@viavallen)

Solopos.com, SOLO—Via Vallen baru-baru ini kembali menjadi perbincangan di media sosial. Pasalnya, video klip dari lagu bertajuk Kasih Dengarkanlah Aku, yang baru saja dirilis dianggap menjiplak konsep video klip Above the Time milik penyanyi Korea Selatan, IU. Bahkan nama Via Vallen menjadi trending topic di Twitter karena kontroversi tersebut.

Video klip Kasih Dengarkanlah Aku dirilis pada Jumat, (23/10/2020). Sementara video klip Above the Time milik penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu diunggah pada 17 November 2019. Hingga saat ini video klip Above The Time sudah mendapat 15,7 juta views.

Semenjak video klip lagu baru Via Vallen itu dirilis, banyak netizen yang membandingkan kemiripan kedua video klip tersebut. Banyak dari netizen Korea Selatan yang ikut mengomentari video klip tersebut.

Scarlet Johannson Produksi dan Bintangi Sendiri Film Bride

 

Tangkapan layar Video klip IU dan Via Vallen. (Allkpop)

Dilansir Allkpop, Sabtu (24/10/2020), Kontroversi ini ramai menjadi perbincangan netizen di komunitas online Korea Selatan. Awalnya, seorang netizen memposting tangkapan layar dari dua video musik itu secara berurutan pada Sabtu (24/10/2020). Dalam postingannya, netizen ini mengatakan kalau video klip Via Vallen bukanlah parodi melainkan video klip yang sebenarnya.

Sejak unggahan itu dibuat, banyak netizen Korea Selatan menyatakan bahwa penyanyi Indonesia ini blak-blakan menjiplak video musik IU. Selain itu menurut mereka tim produksi lagu tersebut tidak berusaha membuatnya terlalu kentara.

Jika ditilik dalam video klip milik Kasih Dengarkanlah Aku ini, berbagai aspek video musik memang terlihat sama. Alur cerita hingga properti yang digunakan dalam video klip tersebut juga sangat mirip. Kontroversi plagiarisme ini sampai menyebar, dan nama Via Valen trending di Twitter pada Sabtu.

Buntut Kontroversi Sikap Irene, Red Velvet Batalkan Fan Meeting

Pembelaan Via Valen

Menyusul kontroversi tersebut, agensi Via Vallen memberikan pernyataan lewat komentar unggahan video klip itu di Youtube. Agensi, Asda Musik, menyatakan bahwa keseluruhan konsep yang ada dalam video klip tersebut berasal dari pihak sutradara. Dalam pernyataannya Asda Musik juga mengatakan pihak artis tidak ikut serta berperan dalam penentuan konsep video klip.

“Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara,” kata Asda Musik, selaku agensi Via Valen.

Sementara itu, dari Via Vallen juga mengutarakan permintaan maafnya lewat Instagram Story pribadinya. “Untuk IU, fans IU dan vyanisty juga pihak yang merasa dirugikan aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang muiriiiip sama dengan MV IU,” ungkapnya.

4 Artis Indonesia Ini Pilih Pindah Warga Negara, Apa Alasannya?

Via juga menjelaskan bahwa dirinya sama sekali tidak mengetahui, jika konsep video klip miliknya sama dengan video klip musik milik IU.

“Ini sama sekali nggak ada unsur kesengajaan, karena aku bukan penggemar K-Pop secara umum, jadi nggak banyak tahu soal MV K-Pop (kebanyakan MV K-Pop yang aku lihat Blackpink doang)," tambahnya.

Pelantun lagu Meraih Bintang ini mengaku merasa sangat malu dengan hasil video klip tersebut. Via juga mengatakan akan meminta untuk mengganti konsep video lagu barunya itu. Selain itu Via juga berencana untuk menurunkan video klip itu dari Youtube.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom