SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TOKYO – Dua prajurit Amerika Serikat (AS) ditangkap di Pulau Okinawa, Jepang, atas dugaan memperkosa seorang wanita Jepang, bunyi pernyataan polisi, Rabu (17/10/2012).
Insiden ini dikhawatirkan merusak hubungan Tokyo dengan sekutu terdekatnya, Washington. Pada saat yang sama, masyarakat Okinawa memprotes kebijakan Tokyo yang mengizinkan penerbangan pesawat hybrid Osprey AS meskipun dikhawatirkan mengancam keselamatan warga.
Penangkapan kedua prajurit AS itu juga bertepatan dengan penurunan tajam hubungan diplomatik Jepang dengan China terkait sengketa kepulauan di Laut China Timur. Menghadapi tekanan China atas status kepulauan yang strategis itu, penting bagi Tokyo untuk menegaskan kembali aliansinya dengan Washington.
Duta Besar AS untuk Jepang, John Roos, dalam konferensi pers mengatakan pemerointahnya sangat prihatin dengan kejadian itu dan berkomitmen untuk bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang Jepang dalam upaya penyelidikan. “Saya juga berhubungan erat dengan Panglima Pasukan AS di Jepang. Tuduhan ini, mengingat keseriusannya, akan terus menjadi perhatian penuh saya,” kata Roos.
Dua prajurit AS itu dicurigai memperkosa seorang wanita Jepang pada Selasa (16/10/2012) pagi di pusat Okinawa, ujar seorang juru bicara Kepolisian Okinawa. Menurutnya, salah satu dari mereka telah mengakui perkosaan itu, tetapi yang lain membantah terlibat.
Kasus ini kemungkinan ditangani di bawah sistem peradilan Jepang, imbuhnya.
“Ini seharusnya tidak terjadi,” kata Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda kepada wartawan.
Okinawa merupakan pusat bagi pangkalan militer AS di Jepang. Protes terhadap keberadaan pangkalan AS di Okinawa itu terus mencuat menyusl kasus pemerkosaan seorang siswi Jepang oleh sekelompok tentara AS pada 1995.
Kasus itu memicu protes luas oleh masyarakat Okinawa, yang sudah lama membenci kehadiran tentara AS akibat meningkatnya angka kejahatan, kebisingan dan kecelakaan mematikan akibat keberadaan pangkalan militer tersebut. Niken Ari Purwanti/JIBI/SOLOPOS

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya