Dituduh Jiplak Lagu Girl Band Korea, Tagar #ShopeeBikinMalu Trending Topic
Pangkal tagar #ShopeeBikinMalu. (Youtube.com)

Solopos.com, SOLO Situs elektronik komersial Shopee menjadi sasaran tagar #ShopeeBikinMalu hingga mencatatkan trending topic. Situs komersial yang setiap bulannya mengadakan promosi dengan menampilkan jajaran artis ini menjadi sorotan karena iklan Shopee Fashion Sale 3.3.

Iklan Shopee Fashion Sale 3.3 diunggah melalui akun Youtube Sopee Indonesia, Senin (8/2/2021), namun tak berlangsung selama satu hari. Iklan tersebut kemudian dihapus. Tak hanya di Youtube, Twitter, dan Instagram Shopee Indonesia yang turut mengunggah video tersebut ikut menghapusnya.

Penghapusan iklan tersebut kemungkinan dikarenakan tagar  #ShopeeBikinMalu trending topik di Twitter. Tagar tersebut sudah mencapai 8.589 cuitan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Kemunculan tagar #ShopeeBikinMalu itu dipicu oleh lagu yang digunakatizen dalam pengiklanan Shopee Fashion Sale 3.3. Lagu yang digunakan Shopee dituduh netizen sebagai karya jiplakan lagu grup penyanyi wabita Korea Selatan, Oh My Girl, berjudul Dolphin.

Dalam iklan tersebut, terdengar lagu Dolphin diganti dengan kata “Shopee.” Netizen yang tidak terima dan menganggap iklan tersebut sebuah karya plagiarisme kemudian menaikkan tagar #ShopeeBikinMalu dan meminta pihak Shopee meminta maaf kepada grup penyanyi Oh My Girl.

Libatkan Deretan Artis

Shopee kerap kali mengundang beberapa artis untuk mengiklankan promo setiap bulannya. Melalui kanal Youtube milik Shopee Indonesia, iklan Shopee Fashion Sale 3.3 itu dibintangi Nikita Willy, Adipati Dolken, Bryan Domani, Anya Geraldine, dan Beby Tsabina.

Netizen asal Korea juga ramai memperbincangkan masalah tersebut. Salah satunya pengguna akun @wxvxjh yang berkomentar panjang terkait iklan itu, “Pusat perbelanjaan Indonesia Shopee rupanya telah menciptakan sebuah lagu komersial yang menjiplak Oh My Girl Dolphin dalam sebuah iklan. (;;) Suatu hari, sebuah video diunggah ke akun Twitternya, namun konon kabarnya ada penyebutan penggemar di luar negeri tentang  apakah mirip dengan Dolphin awalnya disembunyikan dan kemudian tweet itu sendiri telah dihapus. @ ShopeelD.”

Baca Juga: Peluang Bisnis Kuliner Ayam, Bebek, Angsa

Seorang netizen juga ikut mengomentari perihal Shopee yang tahun lalu yang juga terlihat meniru dalam iklannya. Pemilik akun @cuddleyvbear misalnya menulis, “Dulu kan Shopee juga pernah niru iklan Bangtan yg di Tokped makanya enggak heran kalau doi menjiplak Dolphin juga #ShopeeBikinMalu.”

Dalam iklan Shopee Men Sale 2.2 tahun 2020 lalu, terlihat Didi Kempot berpose berjajar dan mengenakan pakaian yang berbeda. Rupa-rupanya iklan tersebut merupakan parodi dari pose grup penyanyi asal korea BTS yang juga dikenal sebagai Bangtan Boys.

Pengiklanan Shopee memang tak jauh dari tema yang viral. Tak jarang juga Shopee beberapa kali mengangkat lagu-lagu dan artis yang viral pada saat itu. Seperti halnya ketika lagu Baby Shark dan Goyang Dumang sedang viral, pihak shopee mengangkat lagu tersebut untuk dijadikan lagu tema.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Shopee, #ShopeeBikinMalu, Oh My Girl, Belanja Online, Shopee, Oh My Girl, Dolphin, Arhista Bherty Utami

https://twitter.com/wxvxjh/status/1358633426480295936?s=19

https://twitter.com/cuddleyvbear/status/1358727108319563779?s=19



Berita Terkini Lainnya








Kolom