Akun Twitter pemain Vietnam Doan Van Hau.

Solopos.com, SOLO -- Kalah menang memang hal biasa. Namun kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Vietnam dalam laga final SEA Games 2019 cabang sepak bola, Selasa (10/12/2019), diiringi hal menyakitkan bagi publik Tanah Air. Vietnam dinilai menang dengan cara yang tidak fair.

Adalah insiden yang menimpa gelandang Indonesia Evan Dimas pada awal babak pertama yang memicu kekesalan publik Indonesia. Saat itu, Evan Dimas yang sedang menguasai bola dilanggar dengan keras dari arah samping oleh bek Vietnam Doan Van Hau.

Bahkan setelah melanggar Evan, Doan Van Hau maupun pemain Vietnam lainnya bersikap seolah tak terjadi apa-apa. Bahkan menolong atau bersikap simpatik kepada Evan yang mengerang kesakitan pun tidak mereka lakukan. Evan akhirnya dipapah keluar dari lapangan dan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Keluarnya Evan Dimas sebagai gelandang sentral di jantung permainan Indonesia menjadi kerugian besar. Hal itu terbukti dari strategi penguasaan bola di lapangan tengah yang tak lagi berjalan karena absennya gelandang Barito Putra itu.

Remuk! Indonesia Dilumat Vietnam di Final SEA Games 2019

Ditambah lagi, wasit tak mengeluarkan peringatan dan kartu apapun kepada Doan Van Hau. Sebaliknya, wasit justru menghadiahi Vietnam tendangan bebas yang berujung gol pertama karena tackling bersih yang dilakukan Asnawi Mangkualam.

Hal inilah yang membuat netizen Indonesia geram. Mereka melampiaskan kekesalan terhadap Doan Van Hau dengan menyumpahinya di Twitter. Sebagian di antaranya menyerang Doan di akunnya, @DoanVanHau_5.

Disebut Germo, VC Cabin Crew Garuda Indonesia Laporkan Akun @digeeembok

"@DoanVanHau_5 Zero Sportmanship ??," kicau pengguna akun @ediannnnn.

"@DoanVanHau_5 Nih yg bikin Evan cidera ??," kicau pengguna akun @tien_kii.

"@AFFPresse @theafcdotcom @FIFAcom @SeaGamesUpdates @PSSI where is the referee? where is the fairplay? disgrace tackel from @DoanVanHau_5.. come on Man, that's not the fairplay way to win.. #finalseagames ??????," tulis pengguna akun @OfficialRachman me-mention sejumlah akun.

Eks Pramugari Akui Cerita Viral Dugaan Prostitusi di Garuda Indonesia

Sebagian netizen Indonesia menilai aksi Doan Van Hau terhadap Evan Dimas adalah disengaja untuk melemahkan kekuatan lini tengah Indonesia.

"Bek Vietnam Doan Van Hau terlihat dgn sengaja menginjak engkel Evan Dimas di tengah babak pertama. Evan Dimas cedera. Timnas mjd tak sama. Sudah 28 tahun kita menunggu emas sepak bola SEA Games. Dan penantian dipastikan akan berlangsung lebih lama," kicau pengguna akun @ainurohman.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten