SOLOPOS.COM - Proses penganggaran alutsista sebesar Rp1.700 triliun atau Rp1,7 kuadriliun untuk modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) dinilai tidak masuk akal sehat. (Ilustrasi/Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA–Markas Besar TNI AD tengah menelusuri penyebar hoaks soal keluarga KSAD Jenderal Dudung Abdurachman terlibat dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna memaparkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Polri dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menelusuri pihak yang menyebarkan kabar tersebut.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Atas beredarnya berita itu kami telah berkoordinasi dengan Polri dan Kominfo, karena berita yang beredar telah mencemarkan nama baik institusi TNI AD dan KSAD,” ujar Tatang dalam keterangan resmi yang dikutip, Minggu (8/5/2022).

Tatang menambahkan bahwa Jenderal TNI Dudung Abdurachman selaku Kepala Staf Angkatan Darat memimpin dan menjalankan organisasi secara profesional serta mentaati semua aturan dan mekanisme yang berlaku, termasuk dalam hal pengadaan alutsista.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Prajurit, TNI AD Latihan Tempur Kota di Tegal

Mekanisme pengadaan alutsista TNI telah diatur dalam Permenhan No 14 Tahun 2020, di mana proses pemilihan Penyedia Alpalhankam dilakukan di Kemhan RI dan bukan di UO.

Proses tersebut juga didampingi oleh lembaga audit baik internal maupun eksternal serta didampingi juga oleh BPKP dan LKPP. Oleh karena itu, Kepala Staf Angkatan Darat tidak berdiri sendiri dan tidak memiliki kewenangan penuh untuk memberikan proyek pengadaan alutsista tersebut kepada siapapun.

Dengan demikian, isu penunjukanl penyedia alpalhankam yang didasari oleh kedekatan terhadap salah satu pejabat itu berlebihan dan cenderung merupakan penggiringan opini.

“Kita akan selalu terbuka dan transparan terkait informasi-informasi di lingkungan TNI AD,” pungkas Kadispenad.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul TNI AD Cari Penyebar Hoaks Kerabat Jenderal Dudung Atur Pengadaan Alutsista

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya