Tutup Iklan

Ditinggal Sopir Makan, Truk Pengangkut Sapi Jalan Sendiri dan Terguling di Boyolali  

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Truk yang mengangkut 21 ekor sapi nggelondor dan terguling ke sirkuit gokart Boyolali, Senin (27/5/2019). Sedianya sapi-sapi itu hendak dikirim ke Kalimantan. 

Akibat kejadian sapi-sapi itu urung dikirim, bahkan satu ekor di antaranya tidak bisa diselamatkan karena tergencet bak truk. Informasi yang dihimpun Solopos.com, sapi-sapi milik seorang pedagang ternak itu dikumpulkan dari berbagai tempat di Boyolali dan sekitarnya untuk dikirim ke Kalimantan. 

Mereka diangkut menggunakan truk Toyota Hino B 9114 RB yang disopiri Samsul Huda, 21, warga Maron, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur. Di tengah perjalanan menyusuri jalan Semarang-Solo ke arah timur, saat hari menjelang Magrib, Samsul berniat istirahat  dan makan di warung sekitar Mapolres Boyolali. 

Samsul mengarahkan truknya belok kiri masuk ke jalan tepat di timur Kantor Dinas Perhubungan yang berbatasan dengan sirkuit gokart Boyolali. Setelah memarkir truknya menghadap utara, Samsul meninggalkannya dan pergi ke salah satu warung di sana.

Namun entah apa penyebabnya, truk berwarna hijau tanpa awak itu tiba-tiba bergerak/berjalan sendiri (nggelondor) di jalan yang sedikit menurun itu. Truk terus meluncur tak terkendali beberapa meter dan kemudian oleng ke kanan (timur) hingga terjerembab ke lahan sirkut gokart. 

Padahal sirkuit itu posisinya 3 meter lebih rendah dibandingkan jalan tersebut sehingga membuat truk terguling dan terbalik. Sapi-sapi yang semuanya terikat itu tidak dapat melepaskan diri dan hanya bisa mengikuti gerakan truk hingga mereka tergencet bak truk. 

Bahkan satu ekor sapi di antaranya mati seketika. Beberapa saat kemuduan, warga sekitar dan petugas berbagai unsur langsung menolong dan mengevakuasi sapi-sapi yang masih hidup menjauh dari lokasi.

Kanit Lakalantas Polres Boyolali Ipda Utomo mewakili Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. “Saat itu truk ditinggal sopir makan, tiba-tiba truknya jalan sendiri dan terguling ke sirkuit,” ujarnya, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu, hingga tadi malam sapi-sapi sudah diangkut lagi ke kandang pemilik/pedagang ternak menggunakan truk lain. Sedangkan evakuasi truk akan dilakukan hari ini. 


Berita Terkait

Berita Terkini

Kabar Gembira, Babak 8 Besar Liga 2 Diuji Coba Pakai Penonton

Ia menambahkan penonton yang hadir di stadion merupakan tamu undangan sehingga memperhatikan jumlah kuota stadion.

Siap-Siap! 4,8 Juta Pelaku Perjalanan Masuk Jateng saat Libur Nataru

Dinas Perhubungan atau Dishub Jateng memprediksi ada sekitar 4,8 juta pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Solo Hari Ini: 6 Desember 2014, Berpulangnya Sang Pengusaha Sukses

Tujuh tahun lalu, tepatnya pada 6 Desember 2014, seorang pengusaha sukses asal Solo berpulang. Dia adalah Komisaris PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food, Priyo Hadi Sutanto, yang mengembuskan napas pada usia 64 tahun.

Perbakin Solo Buka Pendaftaran Calon Ketua, Ini Syaratnya Lur

Bakal calon ketua merupakan anggota perorangan Perbakin yang dibuktikan dengan KTA Perbakin yang masih berlaku.

Renault Twizy, Mini Mobil Listrik Bisa Ngacir 80 Km/Jam

Renault Twizy merupakan mobil listrik mungil yang menawarkan dua pilihan seri dengan kecepatan hingga 80km/jam.

Lagi, 5 Kartu Kuning Persis Solo Berbuah Denda Rp50 Juta

Komdis PSSI mewajibkan Persis Solo membayar denda sebesar Rp50 juta setelah mendapat lima kartu kuning dalam pertandingan saat Persis Solo melawan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) pada 23 November 2021 lalu.

Semester Genap Dimulai 20 Desember, Siswa Karanganyar Tak Libur Nataru

Disdikbud Karanganyar memastikan pembelajaran siswa untuk semester genap dimulai 20 Desember 2021. Sistem pembelajarannya akan dilakukan secara daring alias pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Foto-Foto Evakuasi Korban Meninggal Tertimbun Material Gunung Semeru

Total data korban jiwa atau terdampak yang berhasil dihimpun oleh Posko yaitu warga terdampak 5.205 jiwa

Big Hit Music Berikan BTS Cuti Panjang, Ini Alasannya

Keputusan agensi memberikan member BTS cuti panjang bukan tanpa alasan.

Wahana Baru Wisata Batu Putih Bayat Klaten Ditarik Lagi ke Gudang

Saat ini rata-rata pengunjung Wisata Batu Putih per hari hanya 50 orang.

Jembatan Terpanjang se-Jateng untuk Mendukung Agropolitan Miri Sragen

Kehadiran jembatan penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri, Sragen, bakal memudahkan mobilitas warganya yang selama ini harus melintasi wilayah Boyolali untuk bisa ke Sragen kota.

Cabut Permohonan Hak Asuh, Inikah yang Diinginkan Ayah Vanessa Angel?

Jika ayah Vanessa Angel tidak cabut permohonan bersama hak asuh Gala maka pengadilan bisa langsung memutuskan perwalian anak itu jatuh kepada orang tua Bibi.

Waktu Pembangunan Fisik Jembatan Terpanjang se-Jateng Belum Pasti

Besarnya anggaran pembangunan jembatan terpanjang se-Jatenng membuat Pemkab Sragen harus mencari dukungan anggaran ke pemerintah pusat dan provinsi.

Sosok Bripka Rustam, Terjang Banjir Grobogan Sambil Gendong Nenek-nenek

Bhabinkamtibmas Desa Lemah Putih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam, menggendong Mbah Nasiyem, 80, keluar dari rumahnya yang terendam banjir Senin (6/12/2021) siang.

Sragen Bakal Punya Jembatan Terpanjang di Jateng, Kini Pembebasan Lahan

Pemkab Sragen akan membangun jembatan terpanjang di Jawa Tengah penghubung dua desa terpencil di Kecamatan Miri. Tahun ini baru memasuki tahap pembebasan lahan.

Perbankan dan Pengusaha Optimis Perekonomian Lekas Pulih

Perbankan dan pengusaha sama-sama optimis pemulihan ekonomi akan berjalan baik hingga akhir 2021.