Ditinggal Sopir Makan, Truk Pengangkut Sapi Jalan Sendiri dan Terguling di Boyolali  

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BOYOLALI — Truk yang mengangkut 21 ekor sapi nggelondor dan terguling ke sirkuit gokart Boyolali, Senin (27/5/2019). Sedianya sapi-sapi itu hendak dikirim ke Kalimantan. 

Akibat kejadian sapi-sapi itu urung dikirim, bahkan satu ekor di antaranya tidak bisa diselamatkan karena tergencet bak truk. Informasi yang dihimpun Solopos.com, sapi-sapi milik seorang pedagang ternak itu dikumpulkan dari berbagai tempat di Boyolali dan sekitarnya untuk dikirim ke Kalimantan. 

Mereka diangkut menggunakan truk Toyota Hino B 9114 RB yang disopiri Samsul Huda, 21, warga Maron, Kecamatan Ngoro, Jombang, Jawa Timur. Di tengah perjalanan menyusuri jalan Semarang-Solo ke arah timur, saat hari menjelang Magrib, Samsul berniat istirahat  dan makan di warung sekitar Mapolres Boyolali. 

Samsul mengarahkan truknya belok kiri masuk ke jalan tepat di timur Kantor Dinas Perhubungan yang berbatasan dengan sirkuit gokart Boyolali. Setelah memarkir truknya menghadap utara, Samsul meninggalkannya dan pergi ke salah satu warung di sana.

Namun entah apa penyebabnya, truk berwarna hijau tanpa awak itu tiba-tiba bergerak/berjalan sendiri (nggelondor) di jalan yang sedikit menurun itu. Truk terus meluncur tak terkendali beberapa meter dan kemudian oleng ke kanan (timur) hingga terjerembab ke lahan sirkut gokart. 

Padahal sirkuit itu posisinya 3 meter lebih rendah dibandingkan jalan tersebut sehingga membuat truk terguling dan terbalik. Sapi-sapi yang semuanya terikat itu tidak dapat melepaskan diri dan hanya bisa mengikuti gerakan truk hingga mereka tergencet bak truk. 

Bahkan satu ekor sapi di antaranya mati seketika. Beberapa saat kemuduan, warga sekitar dan petugas berbagai unsur langsung menolong dan mengevakuasi sapi-sapi yang masih hidup menjauh dari lokasi.

Kanit Lakalantas Polres Boyolali Ipda Utomo mewakili Kasatlantas Polres Boyolali AKP Febriyani Aer mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. “Saat itu truk ditinggal sopir makan, tiba-tiba truknya jalan sendiri dan terguling ke sirkuit,” ujarnya, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu, hingga tadi malam sapi-sapi sudah diangkut lagi ke kandang pemilik/pedagang ternak menggunakan truk lain. Sedangkan evakuasi truk akan dilakukan hari ini. 


Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Penampakan Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya Usai Digerebek Polisi

Polisi tidak memasang garis polisi pada bangunan kantor pinjol ilegal di Surabaya yang digerebek Kamis (21/10/2021).

Top! Gelandang Persis Solo Tampil Apik di Laga Uji Coba Timnas U-23

Gelandang Persis Solo, Mohamad Kanu Helmiawan, mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23 sebagai persiapan kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Biak Papua Bakal Jadi Lokasi Peluncuran Satelit

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) survei lokasi bandar antariksa di Biak, Papua.

Pinjol Pemicu Ibu Wonogiri Bunuh Diri Dibiayai Koperasi Simpan Pinjam

Aplikasi pinjol Fulus Mujur inilah yang mengirim uang ke ibu di Wonogiri yang akhirnya gantung diri, beberapa waktu lalu.

Daarul Qur'an Bangun Asrama, Bupati Juliyatmono Letakkan Batu Pertama

Ponpes Daarul Qur'an di Colomadu, Karanganyar, membangun masjid dan asrama santri. Bupati Juliyatmono berjanji akan mendukung Ponpes Daarul Quran

Satelit Nuri Pertama Gagal ke Orbit, Korsel Siap Mencoba 5 Kali Lagi

Korea Selatan gagal menempatkan satelit tiruan ke orbit setelah peluncuran pertama roket Nuri yang dikembangkan di dalam negeri gagal sampai tujuan.

BTS Gelar Konser di JIS, Intip Fasilitas Stadion Terbesar di RI Ini

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan BTS berencana menggelar konser di JIS tahun depan. 

Klaster PTM, Ratusan Siswa SMPN 8 Solo Jalani Tes PCR

Tes PCR tersebut diikuti total 381 orang

Awas! Ada 11 Lokasi Rawan Lakalantas di Jl. Solo-Jogja Klaten

Kawasan Besole, Kecamatan Ceper, menjadi salah satu lokasi Jalan Solo-Jogja yang rawan kecelakaan lalu lintas.

Jabatan Adik Ipar Ahok Dicopot dari Polri, Kini Jadi Staf Biasa

Adik ipar Ahok yang memakai mobil patroli jalan raya (PJR) untuk berpacaran dicopot dari jabatannya di Polri dan kini dimutasi menjadi staf biasa.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Bongkar 13 Kasus Pinjol Ilegal Lintas Provinsi, 57 Orang Jadi Tersangka

Polisi sudah menetapkan 57 tersangka dari pengungkapan 13 kasus pinjol ilegal yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun. 

Karanganyar Hari Ini: 22 Oktober 2011, 46 Imigran Terdampar di Berjo

Sepuluh tahun lalu, tepatnya pada 22 Oktober 2011, sebanyak 46 orang imigran asal Afghanistan dan Iran terdampar di rumah salah seorang warga di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.