Ditinggal Pengajian, Rumah Kosong di Sragen Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Rumah Kosong Berisi Kayu di Kampung Candi Asri RT 045/RW 010, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen ludes terbakar. Kerugian mencapai seratusan juta rupiah.

 Sejumlah warga menyaksikan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di atas tangki mobil di perumahan Candi Asri, Kelurahan Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Rabu (28/9/2022). (Istimewa/Ronggo Gupito)

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menyaksikan petugas pemadam kebakaran memadamkan api di atas tangki mobil di perumahan Candi Asri, Kelurahan Plumbungan, Karangmalang, Sragen, Rabu (28/9/2022). (Istimewa/Ronggo Gupito)

Solopos.com, SRAGEN — Rumah kosong berisi tumpukan kayu milik Purnomo, 70, di Kampung Candi Asri RT 045/RW 010, Kelurahan Plumbungan, Kecamatan Karangmalang, Sragen, ludes dilalap api, Rabu (28/9/2022) sore.

Kebakaran tersebut terjadi diduga karena pemilik rumah menggodok air dengan kayu bakar kemudian ditinggal mengisi pengajian.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Seorang warga Candi Asri RT 43/RW 010, Ronggo Gupito, menyampaikan peristiwa kebakaran itu terjadi setelah Asar. Api baru bisa dipadamkan menjelang Magrib dengan mendatangkan dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu mobil tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sragen.

“Kebakaran itu terjadi saat pemilik rumah, Mbah Pur, merebus air dengan menggunakan kayu bakar. Di dekat tungku memasak itu banyak tumpukan kayu bakar. Mungkin setelah memasak lupa mematikan apinya sehingga api menjalar dan membakar tumpukan kayu kemudian membakar seisi rumah,” jelas Ronggo.

Baca Juga: Rumah di Gesi Sragen Terbakar Saat Ditinggal Kondangan, Kerugian Rp120 Juta

Lurah Plumbungan, Leila Yunia Kartikawati, menerangkan kebakaran itu diperkirakan terjadi pukul 16.15 WIB. Dia mengatakan saat itu ada tetangga depan rumah melihat kepulan asap dari rumah kosong tetapi digunakan untuk menyimpan banyak kayu bakar.

“Tetangga itu langsung memberitahu pemilik rumah. Pemilik rumah bilangnya tadi merebus air tetapi seingatnya sudah dimatikan. Api membesar kemudian warga menghubungi petugas pemadam kebakaran. Hingga pukul 17.30 WIB, petugas masih proses pemadaman. Mobil tangki kelima datang lagi untuk memadamkan sisa-sisa bara api dari kayu bakar itu,” jelasnya.

Leila mengungkapkan Mbah Purnomo memang terbiasa merebus air di rumah itu. “Kami dari kelurahan sudah pendekatan ke korban agar berhati-hati. Warga di lingkungan sudah mewanti-wanti agar tidak lupa mematikan api. Akhirnya, kekhawatiran warga terjadi. Untungnya api tidak merembet ke rumah lainnya. Kerugian diperkirakan oleh Ketua RT setempat senilai ratusan juta rupiah,” katanya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

      Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono akan mengusung konsep Mataram Islam.

      Pekan Ini, Pemdes Kliwonan Sragen bakal Gelar Bazar Batik dan Kuliner

      Selain bazar batik dan kuliner, Pemdes Kliwonan juga akan menyajikan pasar malam dan hiburan untuk memeriahkan acara yang digelar selama empat hari itu.

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.

      Jadwal Pilkades Serentak Boyolali 2022: Desa Sendangrejo Klego Diundur 20 Hari

      Pelaksanaan pilkades Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego harus mundur 20 hari dari jadwal yang ditetapkan yaitu pada Selasa (27/12/2022).