SOLOPOS.COM - Zahid Hamid (India.com)

Menteri Hukum Pakistan, Zahid Hamid, mengundurkan diri akibat diterpa isu penistaan agama.

Solopos.com, ISLAMABAD – Menteri Hukum Pakistan, Zahid Hamid, mengundurkan diri usai didemo terkait isu penitaan agama yang berlangsung selama tiga pekan. Para demonstran menuduh Zahid Hamid melakukan penistaan agama setelah mengamandemen undang-undang Pakistan.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Dikutip Solopos.com dari CNN, Selasa (28/11/2017), amandemen yang dilakukan Zahid Hamid adalah meniadakan penyebutan Nabi Muhammad dalam proses pengambilan sumpah bagi anggota dewan legislatif yang baru dilantik. Namun, Zahid Hamid menegaskan jika hal itu hanya kekeliruan administrasi dan tidak bermaksud menistakan agama tertentu.

Terkait hal itu, Zahid Hamid menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, Minggu (26/11/2017). Sayang, permintaan maafnya tidak digubris oleh para demonstran. Mereka justru mendesaknya mundur dari jabatan tersebut. Mereka juga meminta pemerintah Pakistan membatalkan amandemen undang-undang tersebut.

“Untuk memulihkan situasi di negara ini, saya memutuskan mundur dari jabatan saya,” ujar Zahid Hamid seperti dilansir Geo News.

Keputusan Zahid Hamid mengundurkan diri itu telah disetujui oleh Presiden Pakistan, Mamnoon Hussain, Senin (27/11/2017). Zahid Hamid mengambil keputusan itu lantaran sering diprotes masyarakat. Dia sadar keberadaannya membuat keadaan negara memanas. Oleh sebab itu, dia tidak mau terlibat lagi dalam urusan pemerintahan yang membuatnya sering diprotes.

Setelah Zahid Hamid mengundurkan diri, perwakilan pemerintah dan demonstran menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri protes tersebut. Pemerintah berjanji segera menyelesaikan masalah undang-undang yang membuat situasi memanas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya