SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Terjangan Topan Sandy yang menimbulkan badai di kawasan Southampton, New York, Senin (29/10/2012) waktu setempat. JIBI/SOLOPOS/Reuters

NEW YORK—Amukan Topan Sandy membuat sekitar 120 orang terjebak di sebuah pulau terpencil di negara bagian New York, Amerika Serikat. Ratusan orang ini hidup tanpa listrik setelah sebelumnya mengabaikan instruksi untuk mengungsi terkait kedatangan Topan Sandy.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga saat ini, belum ada laporan korban yang mengalami luka-luka di pulau terpencil itu. Namun dikabarkan sebanyak 12 rumah yang terletak di pulau bernama Fire Island, yang terletak di sebelah selatan Long Island itu, telah tersapu ombak ganas yang timbul akibat kedatangan topan.

Namun, meski beberapa rumah rusak, warga setempat yang selamat merasa beruntung. Hingga kini, akibat amukan Topan Sandy, korban yang tewas diperkirakan mencapai 43 orang di AS maupun Kanada.

“Kami tahu telah kehilangan sebagian rumah. Semua dermaga juga terendam air,” tutur warga yang juga anggota dewan setempat, Anthony Senft, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (31/10/2012).

Meski tak banyak menimbulkan korban, namun sekitar 80 persen dari rumah-rumah lainnya di resor populer musim panas tersebut, mengalami sejumlah kerusakan. Kehancuran yang dialami Fire Island akibat Topan Sandy ini disebut-sebut sebagai yang terparah sejak topan yang melanda tahun 1938 silam.

Dengan menggunakan helikopter, para petugas penyelamat dari Coast Guard terbang mengitari pulau tersebut untuk menilai sejauh mana kerusakan yang ditimbulkan. Mereka juga akan memutuskan metode terbaik untuk memindahkan orang-orang tersebut dari pulau itu.

Otoritas memperkirakan sekitar 120 orang masih berada di pulau tersebut. Hingga Selasa, 30 Oktober pagi waktu setempat, para petugas penyelamat telah mengeluarkan 14 orang dari pulau tersebut.

Sebelumnya Topan Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, yang sebagian besar korban berada di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya