Diterjang Lahar, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Sleman Putus

Hujan deras yang turun di puncak Merapi pada Rabu (1/12/2021) menyebabkan putusnya jaringan air bersih di Kali Boyong, Pakem, Sleman.

 
Tangkapan layar kondisi jaringan air bersih di Kali Boyong akibat banjir lahar hujan, Rabu (1/12/2021). (Tangkapan layar)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar kondisi jaringan air bersih di Kali Boyong akibat banjir lahar hujan, Rabu (1/12/2021). (Tangkapan layar)

Solopos.com, SLEMAN — Hujan deras yang turun di puncak Merapi pada Rabu (1/12/2021) menyebabkan putusnya jaringan air bersih di Kali Boyong, Pakem, Sleman. Belum dilaporkan dampak putusnya jaringan air bersih tersebut bagi warga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan dampak hujan yang terjadi di puncak Merapi membawa material Merapi ke Kali Boyong. Material Merapi yang ikut hanyut di Kali Boyong menyebabkan putusnya jaringan air bersih dari mata air Kemaduhan.

“Jaringan air bersih di Kali Boyong putus. Itu jaringan air bersih untuk warga,” kata Makwan.

Baca juga: Waspada! Ada Potensi Tsunami hingga Ketinggian 8 Meter di Cilegon

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Sleman, material Merapi yang terbawa arus Kali Boyong merusak jaringan air bersih di empat titik. Meliputi Dusun Boyong dan Dusun Kaliurang Barat Hargobinangun Pakem. Selain itu, jaringan air bersih di Dusun Turgo Tritis dan Dusun Ngepring Purwobinangun Pakem.

Terpisah, Lurah Hargobinangun Amin Sarjito mengatakan putusnya jaringan air bersih mililk Pamsimas tersebut terjadi dua kali. Yang pertama terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di Dusun Boyong. Jaringan pipa sepanjang 50 meter hanyut. Adapun jaringan air bersih di Kaliurang Barat terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

“Di Kaliurang Barat sekitar 100 meter jaringan pipa putus dan ikut hanyut,” katanya.

Baca juga: Dikawal Suporter, Pelaku Pembakaran Omah PSS Sleman Menyerahkan Diri

Dampaknya, lanjut Amin, putusnya jaringan air bersih di kedua dusun tersebut berdampak pada tersendatnya kebutuhan air bersih bagi dua RT di masing-masing dusun tersebut. “Ya di Boyong sekitar 100 KK dan di Kaliurang Barat sekitar 150 KK. Sementara pakai air tandon dulu besok kami kerja bakti,” katanya.

Potensi aliran lahar huian ini sudah diprediksi oleh BPPTKG. Curah hujan yang terjadi di Puncak Merapi dimulai pukul 14:44-15:00 WIB. Total curah hujan 16 mm. BPPTKG mengingatkan agar masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai yang berhulu di Merapi agar meningkatkan kewaspadaan akan bahaya lahar.

Hingga pukul 17.14 WIB curah hujan tercatat 75 mm. Dilaporkan banjir lahar hujan juga terjadi aliran di sungai Kuning dan Gendol.

 

 

 

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Sultan Jogja Harus Menunggu 18 Tahun untuk Merelokasi PKL Malioboro

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, harus menunggu selama 18 tahun untuk merelokasi pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro.

Pabrik Wig di Kulonprogo Kebakaran, Damkar Sulit Padamkan Api

Kebakaran melanda pabrik wig, PT Sun Chang, di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (25/1/2022).

Begini Penampakan Lapak Baru PKL Malioboro di Gedung Eks Bioskop Indra

Pemerintah Kota Jogja memperlihatkan penampakan lapak baru bagi PKL Malioboro di Gedung eks Bioskop Indra.

Lanjutan Kasus Tarif Parkir Nuthuk di Jogja, Begini Nasib Juru Parkir

PN Yogyakarta telah menjatuhkan vonis kasus parkir nuthuk di Jogja melibatkan juru parkir, Ahmad Fauzi, yang sempat viral di medsos.

Tega! Warga Klaten Nekat Curi Motor Temannya Saat Ditinggal Mandi

Seorang pria, HP, 24, warga Kabupaten Klaten diringkus polisi setelah melancarkan aksinya mencuri motor milik temannya saat sedang mandi pada Kamis (13/1/2022).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo Positif Covid-19

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dinyatakan terpapar Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri pada Selasa (25/1/2022).

Besok, PKL Malioboro Mulai Proses Relokasi ke Tempat Baru

Proses relokasi atau pemindahan pedagang kaki lima (PKL) Malioboro akan dilaksanakan besok, Rabu (26/1/2022).

Puncak Omicron Februari-Maret, Sultan HB X Pastikan PTM Jalan Terus

Penyebaran Omicron diprediksi mencapai puncaknya pada Februari-Maret 2022. Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, memastika hal itu tak memengaruhi PTM.

Bikin Bakso Ayam Tiren, Pasutri Bantul Raup Omzet Rp500.000 per Hari

Pasangan suami istri (pasutri) asal Kabupaten Bantul nekat membuat bakso berbahan daging ayam tiren, atau bangkai ayam.

Produksi Bakso Ayam Tiren sejak 2015, Begini Pengakuan Warga Bantul

Pasutri asal Kabupaten Bantul mengaku menyesal telah memproduksi bakso berbahan daging ayam tiren sejak 2015, atau selama tujuh tahun terakhir.

80 Warga Tempel Sleman Mulai Terima Uang Ganti Rugi Tol Jogja-Bawen

Sejumlah warga Kalurahan Banyurejo, Kapaneon Tempel, Sleman, mendadak jadi miliarder setelah menerima uang ganti rugi atas lahan mereka yang terdampak tol Jogja-Bawen.

+ PLUS Malioboro akan Dilengkapi Museum Jogja Masa Lalu dan Masa Depan

Kawasan Malioboro akan dilengkapi museum yang menghadirkan Jogja pada masa lalu dan masa depan yang disebut proyek Jogja Planning Gallery (JPG). Lokasi JPG di Gedung DPRD DIY. Kantor DPRD DIY akan dipindah ke Umbulharjo, Kota Jogja.

Operasi Pasar Sleman Sediakan 6.864 Liter Minyak Goreng, Ini Lokasinya

Pemerintah Kabupaten Sleman akan menggelar operasi pasar minyak goreng di enam kapanewon.

Sultan HB X Pastikan PKL Malioboro Pindah Mulai 26 Januari 2022

Sri Sultan HB X memastikan relokasi PKL malioboro ke tempat baru dimulai 26 Januari 2022. Meski begitu, relokasi akan dilakukan secara bertahap.

Polisi Ringkus Lima Remaja Pelaku Klitih di Jogja

Polisi meringkus lima pelaku klitih di Kota Jogja, di mana kelima pelaku itu masih berstatus remaja berusia belasan tahun.