Diterangi Lampu Warna-Warni, Bersiaplah Snorkeling Malam Hari di Umbul Ponggok
Wisatawan sedang menikmati keindahan bawah air di umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten, Senin (13/1/2014). Keindahan bawah air di beberapa umbul (mata air) di Klaten mempunyai potensi yeng cukup besar untuk dikembangkan sebagai obtek wisata. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Tertarik snorkeling malam hari di Umbul Ponggok? Dengan diterangi lampu LED warna-warni, pengunjung bisa menikmati keindahan di bawah air.

Solopos.com, KLATEN -- Rencana pengelola Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Klaten, untuk membuka objek wisata hingga malam hari mulai 2017 tak main-main. Untuk pengoperasian tersebut, pengelola menambah sistem pencahayaan dalam air. Jadi, pengunjung tetap bisa diving dan snorkeling serta menikmati keindahan bawah air hingga tengah malam.

Direktur BUM Desa Tirta Mandiri, Joko Winarno, menjelaskan teknis pencahayaan itu. Menurutnya, untuk menambah sistem pencahayaan saat malam hari, pengelola menggandeng salah satu perusahaan lampu di Indonesia. Lampu yang digunakan merupakan jenis lampu light emitting diode (LED).

Ia menyebut selama ini belum ada objek wisata air yang dilengkapi dengan sistem pencahayaan dalam air. “Jadi, nanti suasana di dalam air tetap terang meskipun malam. Pengunjung juga bisa melakukan foto underwater saat malam hari,” kata Joko kepada Solopos.com, Senin (26/2016).

Terkait pengoperasian Umbul Ponggok hingga malam, Joko menjelaskan sudah mengurus perizinan termasuk izin gangguan ke lingkungan sekitar. Soal pengamanan, bakal disiapkan tim search and rescue (SAR).

“Khusus untuk malam pergantian tahun ada 10 orang dari tim SAR. Sementara, untuk pengoperasian hari biasa kami siapkan tiga orang. Jumlah pengunjung saat malam juga batasi hanya maksimal 500 orang mengingat keamanan,” ungkapnya. Baca juga: Umbul Ponggok Buka Hingga Tengah Malam.

Joko menargetkan capaian pendapatan pada pekan terakhir Desember senilai Rp700 juta. “Puncaknya ya kami adakan perayaan malam pergantian tahun. Karena kegiatan digelar di umbul, jumlah pengunjung kami batasi hanya 2.000 orang dengan harga tiket masuk Rp20.000/orang. Sementara, untuk di luar kawasan umbul itu bebas. Kami sudah koordinasi dengan tiga polsek,” katanya.

Kepala Desa Ponggok, Junaedi Mulyono, mengatakan jam buka umbul rencananya dibuka hingga pukul 24.00 WIB. Selama ini, umbul tersebut buka dari pukul 06.00-16.00 WIB.

“Tujuan buka sampai malam itu biar massa terpecah. Jadi, tidak semua pengunjung datang saat pagi hingga sore. Makanya, kami sediakan hiburan pada malam. ini juga turut menghidupkan suasana Klaten saat malam,” urai dia saat ditemui di Objek Wisata Ponggok Ciblon, Senin.

Fasilitas saat buka malam meliputi kafe dan food court yang masuk pada rencana penataan Umbul Ponggok 2016. Selain itu, terdapat wahana snorkeling dan diving serta foto dalam air.

Ada 12 titik di dalam umbul yang bakal dipasangi lampu. “Jadi saat malam ada pencahayaan spektakuler dari umbul dengan pencahayaan warna-warni,” ungkapnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom