Tutup Iklan

Ditelantarkan, Istri Siri Laporkan Pejabat Pemkab Madiun

VE, 37, mengadu ke BKD dan Kantor Inspektorat Kabupaten Madiun karena merasa ditelantarkan oleh pejabat di lingkungan Pemkab Madiun setelah menikah secara siri.

 Seorang perempuan melaporkan oknum ASN Pemkab Madiun di Inspektorat Madiun karena ditelantarkan seusai dinikahi siri. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Seorang perempuan melaporkan oknum ASN Pemkab Madiun di Inspektorat Madiun karena ditelantarkan seusai dinikahi siri. (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Perempuan, VE, 37, mengadu ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Kantor Inspektorat Kabupaten Madiun karena merasa ditelantarkan oleh salah satu pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun. VE dan pejabat tersebut menikah secara siri.

VE menikah siri dengan pejabat itu pada awal Agustus 2021. Namun, sejak akhir Agustus pejabat itu menghilang dan tidak bisa dihubungi.

Baca Juga : Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter di Kawasan Bromo, Bisa Uji Nyali Nih

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto, membenarkan informasi tersebut. Tontro menyampaikan kasus dugaan seorang aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Madiun menelantarkan istri siri itu telah ditangani Inspektorat.

“Sudah ditangani Inspektorat. Nantinya Inspektorat yang akan memberikan pedoman pengambil keputusan terkait sanksi yang akan diberikan,” kata dia, Selasa (19/10/2021).

Tontro menegaskan akan segera memanggil ASN tersebut dan menindaklanjuti laporan perempuan yang mengaku istri siri ASN itu. Sesuai aturan, kata Tontro, ASN dilarang menikah siri bila tidak mendapatkan izin dari atasan langsung. “Kalau tidak ada izin ya tidak boleh,” ujar Tontro.

Baca Juga : Meski Lulusan SMP, Pria di Tuban Ini Bisa Bikin Situs Judi Online

Inspektur Kabupaten Madiun, Agus Budi Wahyono, mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti laporan VE. Namun, Agus menjelaskan tim Inspektorat Kabupaten Madiun masih menyelidiki laporan perempuan itu.

Dia menegaskan timnya membutuhkan klarifikasi dari berbagai pihak untuk membuktikan laporan tersebut. Agus berjanji akan menyampaikan hasilnya bila sudah selesai melakukan pemeriksaan. “Kalau sudah saatnya pasti kami sampaikan,” ungkapnya.

Mengenai sanksi, Agus menuturkan Inspektorat akan mengacu peraturan yang ada. Sanksi yang diberikan bisa ringan, sedang, hingga berat. Hal itu tergantung dari hasil pemeriksaan timnya.

Baca Juga : Situs Watu Kucur di Jombang, Dulu Punden yang Dikeramatkan Warga

Secara terpisah, perempuan yang melaporkan ASN tersebut memasukkan berkas pengaduan ke BKD dan Inspektorat. Dalam laporannya, VE membawa sejumlah barang bukti yang menunjukkan pernikahan siri dengan pejabat itu.

Dia berharap pejabat itu bertanggung jawab dengan menikahinya secara sah. “Saya bawa bukti-bukti berupa surat nikah siri. Ada VCD berisi video ijab siri dengan yang bersangkutan dan foto pernikahan siri saya,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ibu Novia Tolak Autopsi, Kasus Bunuh Diri Anaknya Dianggap Musibah

Ibu Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerto yang bunuh diri di makam sang ayah, sudah ikhlas menerima kasus kematian anaknya sebagai musibah.

Kasus Novia Bunuh Diri, Ini Pengakuan Ibunya

Ibunda Novia Widyasari, mahasiswi Mojokerjo, Jatim, yang bunuh diri di kuburan ayahnya menolak jasad anaknya diautopsi dan meminta kasus tersebut tidak dibesar-besarkan.

Catatan Erupsi Gunung Semeru Sejak 1818-2021

Gunung Semeru memiliki catatan sejarah erupsi yang panjang sejak 1818 sampai sekarang.

Misteri Gunung Semeru: Paku Bumi Jawa Ditancapkan Para Dewa

Gunung Semeru menyimpan sederet kisah misteri, termasuk asal-usulnya yang disebut sebagai paku bumi Jawa yang dibawa para dewa.

Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Lumajang Diminta Jauhi DAS

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan aktivitas pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Seluruh Rumah Warga di Satu Dusun Hancur Akibat Erupsi Gunung Semeru

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, melaporkan hampir seluruh rumah di satu dusun hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

Potensi Erupsi Susulan Gunung Semeru, Ini Kata PVMBG

PVMBG mengaku terus memantu potensi terjadinya erupsi susulan di Gunung Semeru, Jawa Timur (Jatim), yang baru saja meletus dan mengeluarkan abu vulkanik.

Lewat Siaga Kita, Pekerja Informal di Madiun Terima Perlindungan Sosial

Pemkot Madiun memberikan jaminan sosial bagi pekerja informal melalui program Siaga Kita, yakni jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

Sejarah Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim

Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), kembali meletus atau erupsi, berikut sejarah erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu.

Kisah Pilu Mahasiswi Mojokerto Viral Lewat Tagar #SAVENOVIAWIDYASARI

Viral tagar #SAVENOVIAWIDYASARI menjadi trending di jagat Twitter terkait kasus kematian Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya yang diduga bunuh diri pada Kamis (2/12/2021).

Semeru 2 Kali Muntahkan Guguran Lava Pijar, Dua Kecamatan Gelap Pekat

PVMBG Kementerian ESDM menyebut dua guguran lava pijar meluncur dengan jarak 500 meter dan 800 meter.

Gunung Semeru Erupsi, Begini Suasana di Lumajang

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengalami erupsi atau meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Beredar Isi Percakapan Mahasiswi Mojokerto Sebelum Meninggal, Soal Apa?

Sejumlah tangkapan layar berisi percakapan mendiang NWR, 23, dengan seseorang yang dia panggil "Mama" beredar di media sosial.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).