SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

KULONPROGO—Sedikitnya 24 warga Kulonprogo terdaftar sebagai calon peserta vasektomi atau KB pria. Jumlah pendaftar itu melebihi target berkat bonus hadiah kambing bagi 20 pendaftar pertama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bagian TI dan Humas Kulonprogo, Rudy Widyatmoko mengatakan, pendaftar berasal hampir dari semua kecamatan di Kulonprogo. Namun, sebagian pendaftar teridentifikasi berasal dari Kecamatan Girimulyo.

“Dari Girimulyo jumlahnya banyak sekali, lebih dari 50%. Ini cukup menggembirakan, karena terobosan berupa hadiah kambing yang ditawarkan pemkab ternyata direspon positif oleh masyarakat,” kata Rudy, Rabu (31/10/2012).

Menurut dia, meski sudah ada 24 warga yang terdaftar mengikuti vasektomi, namun dia memastikan tetap akan menyeleksi para pendaftar. Langkah itu dilakukan untuk melihat kelayakan peserta, serta faktor lain sebelum vasektomi benar-benar dilakukan.

Langkah itu juga bertujuan untuk memastikan siapa saja yang berhak menerima hadiah kambing, setelah mengikuti program ini. “Pasti akan ada verifikasi. Sehingga nanti dapat dipastikan pendaftar itu benar-benar layak mengikuti vasektomi,” kata dia.

Rudi mengatakan, dia sendiri belum tahu pasti apakah ada pendaftar lain di luar humas. Dia beralasan, pihaknya belum berkoordinasi dengan instansi terkait. Namun dia memperkirakan ada warga lain yang sudah mendaftarkan diri melalui PLKB kecamatan.

“Kami akan koordinasikan lagi agar ada data final. Masih ada waktu karena operasi vasektomi baru akan dilaksanakan sekitar tanggal 20 November mendatang. Jika masih ada warga yang berminat, silahkan langsung ke bagian KB kalau mendaftar setelah batas waktu yang ditetapkan,” tandas Rudy.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Mardi Santosa mengatakan di desanya sudah ada peguyuban KB pria dengan nama Romo Bimo. Kelompok ini rutin menggelar kegiatan bersama dengan tujuan menyebarluaskan informasi tentang KB pria.

“Mereka rutin menggelar kegiatan seperti arisan dan simpan pinjam. Selain itu juga ada informasi terbaru mengenai KB mudah disebarluaskan kepada para anggota. Sekarang ini kalau tidak salah jumlah anggotanya sudah mencapai 35 orang,” jelas Mardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya