SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama, Rommahurmuziy, berjanji akan kooperatif kepada penyidik KPK.

Mantan Ketum PPP tersebut pada Jumat (22/3/2019), mulai diperiksa perdana sebagai tersangka setelah sempat mengaku sakit dan kesulitan tidur di Rutan KPK, pada Kamis (21/3/2019).

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Pria yang akrab disapa Rommy tersebut mengatakan akan kooperatif terhadap kasus yang menjeratnya. Romahurmuziy akan membeberkan persoalan kasus ini termasuk apakah ada pihak lain yang terlibat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya akan sangat kooperatif dan menjelaskan semua persoalan ini kepada KPK, agar mereka mendapat perspektif yang terang dan tidak ada yang ditutupi dan mereka juga akan permudah untuk segera menyelesaikan pemberkasan kasus,” ujar Rommy, Jumat (22/3/2019).

Romahurmuziy enggan menjelaskan keterkaitan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam perkara ini. Dia juga mengaku tahu penggeledahan terhadap ruang kerja Menag Lukman hanya melalui televisi.

Dia tak mau mengambil kesimpulan soal uang yang disita KPk senilai Rp180 juta dan US$30.000 dari meja kerja Lukman. Menurut Rommy, semua yang akan dijelaskannya ke penyidik KPK merupakan materi perkara. 

“[Penggeledahan Menag], saya hanya melihatnya dari televisi. [Apakah soal kasus] saya tidak tahu. Yang tahu tentu penyidik,” katanya.

Dalam pemeriksaan perdana ini, tangan Rommy yang terborgol ditutupi sebuah buku. Dia mengaku buku itu untuk dibaca guna menunggu pemeriksaan.

Romahurmuziy alias Rommy diduga telah menerima uang suap senilai Rp300 juta dari tersangka Haris Hasanuddin dan Muhamad Muafaq Wirahadi. Rinciannya, Rp250 juta dari Haris dan Rp50 juta dari Muafaq.

Suap itu diduga diberikan demi memuluskan proses pengisian jabatan di Kemenag Jatim. Namun, KPK menduga tersangka Rommy terlibat juga dalam proses pengisian jabatan untuk wilayah lain. KPK menduga Rommy tak sendirian dalam menerima aliran suap itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya