SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Nil Maizar. dok JIBI/SOLOPOS/Antara

KUALA LUMPUR—Pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar, tampaknya tak terlalu kecewa timnya ditahan Laos. Eks pelatih Semen Padang ini tetap memberi kredit bagi skuatnya dan mengaku para pemainnya memiliki motivasi tinggi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Indonesia gagal bersinar di laga pembuka Grup B Piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Menghadapi Laos yang dianggap sebagai tim terlemah, Indonesia hanya mampu bermain seri 2-2, bahkan nyaris kalah.

Hingga menit ke-90 Indonesia tertinggal 2-1 atas Laos. Tim yang sepanjang sejarah pertemuannya dengan Indonesia selalu kalah ini, mampu unggul lebih dulu melalui penalti Khampheng Sayavutthi di menit ke-30 dan aksi brilian Keoviengphet Liththideth di menit ke-30. Sedang, Indonesia hanya mampu mempertipis ketertinggalan lewat sundulan Raphael Maitimo di menit 43.

Untungnya, di penghujung laga Indonesia mampu menyamakan kedudukan. Vendry Mofu menyelamatkan muka skuat Garuda, julukan Indonesia, setelah memanfaatkan bola rebound dari Andik Vermansyah yang gagal diantisipasi dengan sempurna kiper Sengphachan.

Atas gol telan Vendy ini, Nil mengaku girang. Menurutnya, gol Vendy membuktikan timnya memiliki motivasi tinggi dan tak kenal surut meski dalam kondisi tertekan.

“Saya salut dengan motivasi pemain. Di sisa waktu yang semakin sedikit, mereka masih mampu menyamakan kedudukan,” ujar Nil dalam wawancara dengan RCTI, seusai pertandingan.

Nil mengaku, hasil seri memang tak sesuai harapan. Sejak awal timnya membidik raihan maksimal kontra Laos. Namun, siapa sangka permainan Laos membuat Nil terkejut. Laos bermain secara taktis dan acapkali merepotkan barisan pertahanan Indonesia.

“Laos ada kemajuan. Mereka menunjukkan perkembangan bagus dengan sentuhan satu-dua,” beber Nil.

Dengan hasil seri ini, kans Indonesia lolos dari fase grup semakin berat. Indonesia harus meraih kemenangan dalam dua laga selanjutnya, kontra Singapura (28 November) dan Malaysia (1 Desember).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya