Mantan pejabat NASA, Amerika Serikat, Hakeem Muata Oluseyi (paling kiri), dijamu makan siang di PPMI Assalaam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (4/10/2019). (Solopos/Iskandar)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Mantan Ketua Bidang Pendidikan Science Keantariksaan NASA Amerika Serikat, Hakeem Muata Oluseyi, beserta staf kedutaan besar AS mengunjungi Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam di Kartasura, Sukoharjo, Jumat (4/10/2019).

Kedatangan mereka di Assalaam antara lain untuk menjadi narasumber talkshow World Space Week dan Observasi Langit dengan Club Astronomi Santri Assalaam (CASA).

Sebelum menjadi narasumber Hakeem yang mengajak putranya dijamu makan siang ditemani Direktur PPMI Assalaam, Uripto M. Yunus, dan sejumlah penggawa Assalaam.

Hakeem yang tampak lahap menyantap sajian makanan seperti nasi goreng, ayam goreng dan sejumlah buah-buahan sempat dibuat bingung ketika makan buah salak.

Baca juga: Benda Diduga Meteor Hebohkan Soloraya, Ini Penjelasan Observatorium PPMI Assalaam

Karena tak tahu cara makannya semula dia langsung memakan buah yang dianggap unik itu dengan menggigit salak yang kulitnya belum dikupas. Hal ini tentu mengundang gelak tawa seisi ruangan.

Tuan rumah kemudian memberi tahu agar salah dikupas dulu kulitnya sebelum dimakan. Sambil tertawa, Hakeem segera mengupas dan memakan buah itu sambil manggut-manggut. Dia juga membagikan daging buah salak itu kepada putranya yang juga tampak menyukainya.

“Kedatangan beliau [Hakeem] di Assalaam setelah berkenalan dengan Kepala Astronomi Assalaam, ustaz A.R. Sugeng Riyadi, lewat link CASA. Cerita Ustaz A.R. soal klub astronomi di Assalaam rupanya menarik perhatian beliau sehingga datang ke Assalaam,” ujar Pejabat Humas PPMI Assalaam, Qomaruddin, ketika ditemui wartawan di sela-sela talkshow.

Baca juga: PPMI Assalaam Pabelan Sukoharjo Siapkan 10 Teleskop untuk Melihat Gerhana Bulan Malam Ini

Sementara itu, A.R. Sugeng mengatakan kehadiran Hakeem ke beberapa tempat di Indonesia merupakan bagian rencana kunjungan keliling dunia. Rencana ini dilakukan setelah Hakeem pensiun dari NASA per Agustus 2019.

Pada talkshow tersebut Hakeem mendapat pertanyaan dari beberapa santri tentang berbagai hal seperti tentang bagaimana cara masuk menjadi pegawai NASA, apa saja yang harus dipersiapkan, dan sebagainya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten