SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kanalsemarang.com, KUDUS—Rencana Pertamina memperbanyak jumlah pangkalan elpiji tiga kilogram di Kudus, Jawa Tengah, untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan komoditas bersubsidi tersebut masih menunggu hasil kajian.

Menurut Sales Representative Rayon IV Gas Domestik PT Pertamina Region III, Robby C. Djasmi, di Kudus, Senin (18/8/2014), untuk menentukan penambahan pangkalan elpiji tiga kilogram memang harus melalui kajian agar tidak ada dampak di tingkat masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, lanjut dia, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum menentukan berapa pangkalan yang perlu ditambah.

Di antaranya, kata dia, soal kuota elpiji pada 2014 di Kudus setelah semester II. “Kami juga harus berkoordinasi dengan pemkab setempat dalam hal pemetaan pangkalan elpiji 3 kg serta persebarannya,” ujarnya seperti dikutip Antara, Senin (18/8/2014).

Terkait dengan jumlah desa yang belum tersedia pangkalan elpiji, kata dia, harus ada kesepakatan bersama jumlah desa yang dipastikan belum tersedia pangkalan elpiji 3 kg, termasuk komparasi soal data di tingkat lapangan.

Dalam menambah pangkalan elpiji, kata dia, harus mempertimbangkan banyak faktor, termasuk kemungkinan alokasi elpiji yang bakal diterima pangkalan tertentu akan dikurangi.

“Penentuan pangkalan baru juga harus dilakukan berdasarkan skala prioritas dan tidak bisa semua daerah yang belum tersedia pangkalan harus ditambah secara bersamaan,” ujarnya.

Hal terpenting, kata dia, adanya penambahan pangkalan elpiji tiga kilogram nantinya tidak mengganggu pasokan elpiji untuk daerah tertentu, meskipun memiliki semangat pemerataan.

Kemungkinan terjadinya protes atas penambahan pangkalan karena ada alokasi milik pangkalan tertentu yang dikurangi, kata dia, harus pula diminimalkan.

Faktor lain yang harus dipertimbangkan, kata dia, terkait dengan kebijakan pemerintah soal elpiji 12 kg karena ketika terjadi kenaikan harga dipastikan juga akan berpengaruh dengan permintaan elpiji tiga kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya