SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian elpiji 3 kg di depo Pertamina (Paulus Tandi Bone/JIBI/Bisnis)

Distribusi elpiji di Soloraya diklaim Hiswana Migas segera aman. Benarkah? 

Solopos.com, SOLO — Himpunan Wirausaha Nasional Migas dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Soloraya mengakui adanya kelangkaan elpiji 3 kilogram (kg) di beberapa wilayah. Namun, kondisi saat ini diklaim aman karena pola distribusi telah diubah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Bidang (Kabid) Elpiji 3 Kg Hiswana Migas Soloraya, Budi Prasetyo, mengakui wilayah Mojosongo dan Sangkrah mengalami kelangkaan gas melon. Menurut dia, berdasarkan survei yang dilakukan pada Rabu-Jumat (6-8/5), kelangkaan disebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat dan serbuan warga yang berada dari luar daerah tersebut.

“Informasi yang diperoleh dari pangkalan, banyak pembeli dari luar wilayah. Mau tidak mau [pembeli dari luar wilayah] tetap dilayani, kalau tidak nanti dituduh menimbun. Tapi saat ini pasokan sudah aman karena pola distribusi diubah,” ujar Budi kepada Solopos.com, Minggu (10/5/2015).

Dia mengatakan pengiriman pasokan pada daerah yang mengalami kelangkaan diprioritaskan dengan mengirim lebih pagi. Hal ini supaya tidak ada antrean atau kekosongan di pangkalan. Budi menyebutkan selain Solo, Wonogiri juga sempat mengalami kelangkaan elpiji 3 kg pada pekan lalu. Namun sudah dilakukan operasi pasar (OP) dan diklaim sudah normal.

Budi menyampaikan hingga saat ini belum ada tambahan alokasi meski sempat mengalami kelangkaan. Namun menurut dia, distribusi elpiji bersubsidi ini tetap dilakukan 26 hari kerja karena saat hari libur nasional distribusi tetap berlangsung.

Dia menyebutkan sejak April, alokasi harian gas melon untuk Soloraya naik 6,96% menjadi 161.575 tabung dari sebelumnya sebelumnya sebanyak151.063 tabung.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya