Tutup Iklan

DISTRIBUSI BBM : Persediaan Lancar, Konsumsi Pertamax Naik 400%

 Pascapemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Januari 2015, Deviasi harga BBM non subsidi (Pertamax) dengan BBM bersubsidi (Premium) semakin tipis. Konsumsi Pertamax di DIY pun mengalami kenaikan hingga 400% sementara Premium turun sekitar 15%. Tampak sejumlah konsumen mengisi BBM Pertamax di SPBU Lempuyangan, Senin (5/1/2015) (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

SOLOPOS.COM - Pascapemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) per 1 Januari 2015, Deviasi harga BBM non subsidi (Pertamax) dengan BBM bersubsidi (Premium) semakin tipis. Konsumsi Pertamax di DIY pun mengalami kenaikan hingga 400% sementara Premium turun sekitar 15%. Tampak sejumlah konsumen mengisi BBM Pertamax di SPBU Lempuyangan, Senin (5/1/2015) (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Distribusi BBM dipastikan tetap aman.

Harianjogja.com, JOGJA– Dalam musim hujan ini, PT Pertamina (Persero) Area DIY dan Surakarta menjamin kelancaran distribusi maupun pasokan bahan bakar minyak (BBM) maupun elpiji.

Marketing Branch Manager Pertamina DIY- Surakarta, Freddy Anwar mengakui, konsumsi premium menurun dibandingkan pertamax dan pertalite. Hingga kini, realisasi konsumsi premium mencapai 510.000 Kilo Liter (KL) atau turun enam persen dibandingkan 2014 sebesar 540.000 KL. Sedangkan realisasi Solar turun 10% dari realisasi pada 2014 sebanyak 147.000 KL.

Sementara konsumsi Pertamax di DIY naik signifikan sebesar 400% dari 90 KL tahun lalu menjadi 370.000 KL tahun ini.

“Kenaikan konsumsi pertamax ini kami duga karena disparitas harga pertamax dengan premium semakin kecil sehingga masyarakat bermigrasi. Ini karena kualitas pertamax lebih bagus,” jelas Freddy, Kamis (12/11/2015)

Terkait konsumsi varian terbaru BBM, pertalite, Freddy menjelaskan rata-rata penjualannya 250 KL per hari di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Pertalite saat ini dilayani di 23 SPBU di DIY.

“Animo penggunaan pertalite tidak kalah dengan pertamax. BBM ini berhasil menyedot 11 persen porsi premium. Kalau sebelumnya konsumsi premium menguasai 87 persen saat ini hanya 77 persen saja,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya menjamin tidak ada persoalan terkait distribusi BBM dan elpiji selama musim penghujan ini. Freddy menyebut, distribusi BBM maupun elpiji relatif lancar tanpa kendala. Pertamina, kata dia, sudah mengingatkan para kru Terminal BBM (TBBM) supaya lebih berhati-hati mengingat selama musim hujan jalanan rentan licin, rawan longsor, banjir di beberapa lokasi dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya selama ini, Pertamina meyakinkan penyaluran tetap lancar ke masyarakat. Pihaknya juga menyiapkan tim mitigasi bencana apabila di suatu lokasi tidak bisa melayani karena bencana maka supplay tempat tersebut melalui TBBM lain.

“Soal penyaluran bahan bakar ini tidak boleh tersendat. Kami harus dipastikan kelancaran pengirimannya,” ujar Freddy


Berita Terkait

Berita Terkini

Desa Jangglengan dan Kisah Pesanggrahan Raja Solo di Hutan Jati

Desa Jangglengan di Nguter, Sukoharjo, dulu pernah jadi pesanggrahan Raja Keraton Solo PB IX untuk bersemadi saat masih berupa hutan jati.

Presiden Jokowi Curhat Target Vaksinasi WHO Sulit Tercapai Karena Ini

Jokowi mengatakan saat ini lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia, namun kesenjangan akses terhadap vaksin masih lebar.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!