SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Harianjogja.com, SLEMAN—Untuk memaksimalkan distribusi air di Kecamatan Prambanan, Organisasi Pengelola Pemakai Air (OPPA) merencanakan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak di bidang air bersih. Mereka akan memanfaatkan tiga sistem saluran air yang berada di wilayah itu.

Ketua OPPA Prambanan, Mujimin, menjelaskan pihaknya merencanakan sistem saluran air Prambanan I di Majasem, Desa Sambirejo, menjadi BUMDes pada 2015 mendatang. Saat ini pihaknya masih melakukan pembenahan sumber daya manusia (SDM) untuk ketiga pengelola saluran itu.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

“Pada 2015 semoga sudah jadi BUMDes, apalagi tenaga diesel sudah dikonversi menjadi tenaga listrik,” terangnya, Jumat (23/5/2014).

Terkait rencana itu, lanjut dia, OPPA sudah membahas secara nonformal dengan pihak Desa Sambirejo untuk menjadikan sistem saluran air Prambanan 1 menjadi BUMDes. Ia yakin jika sudah dikelola melalui badan usaha, maka distribusi air bersih ke warga akan berjalan maksimal. Hal itu seperti yang dilakukan Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, yang sudah mencapai swasembada air berkat adanya BUMDes air bersih.

Kendati demikian, pembenahan SDM mutlak dilakukan jika sudah menjadi BUMDes. Mulai dari sistem administrasi warga, kesekretariatan hingga mekanik atau yang bertugas melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Seluruh SDM nanti diharapkan mendapatkan upah dari hasil BUMDes tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya