SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Lonjakan harga bawang merah dan bawang putih menjelang puasa dinilai masih wajar.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Di beberapa pasar tradisional DIY, harga bawang merah mencapai Rp13.700 dari harga normal sekitar Rp12.000 dan bawang putih saat ini mencapai Rp16.700 dari harga normal hanya Rp10.000 per kilogram.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) DIY, Nanang Suwandi mengatakan, kenaikan tersebut masih wajar. Pasalnya jumlah permintaan juga meningkat, terutama untuk bahan-bahan pokok makanan salah satunya bawang merah dan bawang putih.

“Menjelang puasa yang berbarengan dengan liburan anak sekolah ini memang membuat kebutuhan DIY meningkat,” katanya, Jumat (29/6).

Menurut dia, kondisi tersebut terjadi karena permintaan naik sementara pasokan terbatas. Ia menambahkan, produksi bawang merah maupun bawang putih di DIY tidak terlalu banyak. Untuk itu perlu menambah pasokan dari daerah lain.

“Setiap daerah pasti mempunyai keterbatasan produksi beberapa bahan makanan pokoknya, DIY yang memang terbatas untuk produksi bawang merah dan bawang putih,” ujarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya