Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung Nugroho Rachmadi memberikan keterangan kepada wartawan. (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng berharap mahasiswa yang menjalani mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) bisa memicu munculnya desa wisata baru .

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung N. Rachmadi mengatakan Jateng saat ini memiliki 229 desa wisata dari target 500 desa destinasi wisata. Oleh karenya fokus Disporapar saat ini adalah menumbuhkan embrio sebuah desa wisata.

"Kami menginginkan setiap mahasiswa KKN agar bisa menumbuhkan embrio desa wisata dan memetakan potensi wisata yang ada," kata, Sinung, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, pelibatan mahasiswa sangatlah penting untuk mengembangkan sektor pariwisata di setiap daerah melalui program KKN mahasiswa. "Sekarang ini, di Jateng daerah wisata yang berpotensi kurang lebih ada 230 daerah," tambahnya.

Dia mengatakan, pelibatan mahasiswa melalui program KKN sangatlah penting, karena dalam lima tahun ditargetkan 400-450 tempat wisata yang terakomodir. "Untuk itu, lanjutnya, kita perlu mendorong dan juga merawat melalui program KKN yang dilakukan mahasiswa," jelasnya.

Selain itu, menurutnya, keterlibatan para milenial sangatlah penting, karena merekalah sebenarnya yang mempunyai bidang untuk kreativitas dan inovasi dalam pariwisata. Kendati demikian, ia berupanya untuk tetap melibatkan para orang tua untuk memberi keseimbangan. (k28)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten